Berita

MASYARAKAT HIBAHKAN TANAH, NAGARI PARIANGAN SIAP UNTUK DIREVITALISASI

Jumat, 12 Juli 2019 | 01:54 WIB | Seputar Kecamatan
MASYARAKAT HIBAHKAN TANAH, NAGARI PARIANGAN SIAP UNTUK DIREVITALISASI

Dalam waktu dekat pembangunan Desa Terindah di Dunia Nagari Tuo Pariangan akan segera direvitalisasi. Bantuan revitalisasi itu didapat sewaktu kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia beberapa waktu silam dan telah ditegaskan pada peringatan Hari Pers Nasional 2018 di Kota Padang.

Melalui Kementerian Pembangunan Umum dan Permukiman Rakyat (PUPR) bantuan tahap pertama sebesar 42 Miliar segera dikucurkan yang menjadi awal wacana itu terealisasikan.

Melangkah lebih dekat dengan wacana revitalisasi, masyarakat sekitar secara sukarela telah menghibahkan enam bidang tanah kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar. 

Beberapa titik pembangunan mencakup kawasan area Masjid Islah, Gerbang Masuk, Kanopi Lantak Tigo, dan Kuburan Panjang Datuak Tantejo.

"Kita sangat mengapresiasi dukungan masyarakat Pariangan yang telah membantu percepatan revitalisasi Desa Terindah Dunia dengan menghibahkan beberapa bidang tanah ke Pemerintah Daerah," ujar Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi selepas acara penyerahan bersejarah itu yang digelar di Kantor Wali Nagari Pariangan, Kamis (11/7/2019).

Bupati Irdinansyah Tarmizi menambahkan bahwa hibah tanah yang telah diserahkan ke Pemerintah Daerah akan segera kita dilaporkan ke pemerintah pusat sehingga pengerjaan dapat segera dilaksanakan.

Percepatan pembangunan revitalisi Nagari Tuo Pariangan juga tidak lepas dari peran Niniak Mamak melakukan pendekatan kepada masyarakat baik yang ada di nagari maupun di perantauan.

Wali Nagari Pariangan April Khatib Saidi menyebutkan hibah tanah oleh masyarakat adalah bentuk dukungan dan antusias yang diberikan masyarakat dalam mempercepat revitalisasi Nagari Tuo Pariangan.

“Dalam proses kendala pasti ada akan tetapi sejauh ini berjalan dengan apa yang diharapkan. Salah satu kendalanya ada proses administrasi yang harus dilalui karena tidak semua anak kemanakan Nagari Pariangan tinggal di kampung halaman, untuk itu kita temui mereka,” ujarnya.

Pengerjaan tahap awal itu pun akan dimulai pada Agustus 2019 serta masih menyisakan enam titik pembangunan untuk Balai Nagari, Rest Area, Pemandian Air Hangat dan Lapangan Api Porprov.

 

"Kita berharap pembangunan tahap awal ini bisa segera diselesaikan dan menyusul pembangunan tahap selanjutnya," tambah Wali Nagari Pariangan.

Penandatanganan hibah tanah tersebut disaksikan Kepala Dinas Pariwisata Tanah Datar Abdul Hakim, Kepala Kantor Kesbangpol Tanah Datar Irwan, Tokoh Masyarakat Niniak Mamak, Pemilik Lahan dan Notaris berwenang yang diterima langsung oleh Bupati Tanah Datar.

Hibah tanah diserahkan ke Pemerintah Daerah adalah milik Empat Kaum, yakni Datuak Sampono dari Kaum Dalimo, Datuak Rajo Api dari Kaum Melayu, Datuak Rajo Pangulu dari Kaum Piliang, dan Angku Rajo Mangkuto dari Kaum Koto. (Humas/rhn/hp)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id