Berita

264 SISWA TANAH DATAR TERIMA BANTUAN MASUK PTN

Minggu, 18 Agustus 2019 | 23:24 WIB | Lintas SKPD
264 SISWA TANAH DATAR TERIMA BANTUAN MASUK PTN

BATUSANGKAR - Sebanyak 264 orang lulusan SLTA dari keluarga tidak mampu yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri dibantu pemerintah daerah melalui APBD Tanah Datar. Program ini menjadi prioritas utama Tanah Datar yang mengendepankan pembangunan bidang Sumber Daya Manusia.

"Saat ini sudah kita proses sebanyak 264 proposal bantuan masuk perguruan tinggi dengan total anggaran lebih kurang Rp.399,5 juta, dan 76 orang di antaranya sudah masuk ke rekening siswa, sementara ada sekitar 100 proposal lagi yang baru masuk dan sedang diproses, kita juga masih menerima proposal dari masyarakat," ungkap Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Riswandi di depan orang tua dan siswa saat penyerahan beasiswa masuk PTN di Gazebo Indo Jolito Batusangkar, Minggu (18/08/2019).

"Jumlah bantuan yang diterima bervariasi tergantung lokasi PTN yang diterima dan komponen bantuan yang dibutuhkan, tentu tidak sama untuk yang diterima di Padang dengan di Bandung, mudah-mudahan ini dapat dimengerti oleh kita semua," jelasnya.

Riswandi menambahkan bantuan pendidikan merupakan bentuk kepedulian pemerintah daerah kepada siswa dari keluarga tidak mampu  bisa melanjutkan cita-cita masa depannya.

Bupati Irdinansyah pun menegaskan Program Gerbang Cerdas merupakan program gerakan pembangunan masyarakat cerdas ingin memastikan masyarakat Tanah Datar mendapat pelayanan pendidikan yang merata salah satunya bantuan melanjutkan ke perguruan tinggi negeri untuk siswa dari keluarga tidak mampu.

"Sudah menjadi tekad pemerintah daerah, tidak ada anak Tanah Datar yang gagal melanjutkan pendidikannya karena alasan biaya. Untuk itu pemerintah daerah bersama BAZNAS serta dibantu pihak-pihak lain mewujudkan harapan anak-anak Tanah Datar untuk kemajuan Tanah Datar yang kita cintai ini," ungkapnya.

Kepada dinas, bupati berharap melanjutkan proses verifikasi administrasi dan lapangan proposal yang masuk. "Saya ucapkan terima kasih kepada Dinas Pendidikan yang sudah memproses ini dan proposal yang masuk segera lanjutkan. Jika ada kendala segera hubungi keluarganya agar bisa diselesaikan secepat mungin," pesan bupati.

Bupati juga menghimbau orang tua dan siswa yang hadir untuk dapat mengiformasikan kepada masyarakat lain yang punya permasalahan yang sama untuk segera memasukkan proposal bantuan masuk perguruan tinggi negeri ke pemerintah daerah.

Di kesempatan itu bupati berpesan kepada siswa yang lulus untuk dapat menjalankan pendidikan nantinya dengan tekun dan serius.

"Kuliah lah nanti dengan serius dan benar, ingat tujuan kalian diterima di perguruan tinggi agar bisa membanggakan orang tua dan keluarga dan jangan sia-siakan harapan ini, tetaplah jadi pemuda yang soleh yang tidak pernah meninggalkan sholat lima waktu" pesan bupati.

Bupati juga berharap anak-anak yang Tanah Datar yang merantau untuk menjadi anak yang mandiri. "Anak Tanah Datar tidak boleh malu, tidak salah kiranya nanti ananda menjadi guru mengaji, mengajar les ataupun yang lain yang terpenting positif dan bisa membagi waktu. Semua itu bermanfaat mengembangkan kemampuan diri, menambah pengalaman selain membantu biaya hidup," pesannya.

Dipesankan juga anak Tanah Datar punya prestasi akademik dan non akdemik yang bagus sehingga mudah mendapat beasiswa yang banyak ditawarkan di kampus nantinya.

Acara ini dihadiri Sekda Irwandi, Asisten Pemerintahan dan Kesra Mukhlis, Asisten Ekobang Edi Susanto, Kadis Parpora Abdul Hakim, Kabag Humas dan Protokol Yusrizal dan Jajaran Dinas Pendidikan. (Humas-rilis)   

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id