Berita
Tingkatkan Percepatan Pelaksanaan Kegiatan

PEMKAB TANAH DATAR GELAR RAPAT MONEV SELURUH OPD

Rabu, 21 Agustus 2019 | 01:10 WIB | Lintas SKPD
PEMKAB TANAH DATAR GELAR RAPAT MONEV SELURUH OPD

Bupati Tanah Datar diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan Edi Susanto pimpin rapat monitoring dan evaluasi kegiatan pembangunan pada kondisi triwulan II Tahun Anggaran 2019, Selasa (20/8/2019) di aula kantor Bupati di Pagaruyung. 

Bupati Irdinansyah Tarmizi dalam sambutan yang disampaikan Edi Susanto mengungkapkan, rapat Monitoring dan Evaluasi (Monev) dibutuhkan dalam percepatan pelaksanaan kegiatan pembangunan terutama yang strategis. “Dalam rapat Monev banyak hal yang menjadi perhatian, mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pengawasan serta pengendalian kegiatan sehingga penggunaan anggaran lebih efisien dan efektivitas,” katanya. 

 

Sementara itu terkait realisasi kemajuan fisik dan keuangan yang disampaikan oleh seluruh OPD, Asisten Edi Susanto mengungkapkan secara umum realisasi belanja mempunyai kemajuan cukup bagus. “Kondisi belanja langsung dan tidak langsung dilaksanakan melalui e-Monev dimana di kondisi akhir Juli 2019 diperoleh belanja fisik sudah capai 54,37% dengan keuangan 40.848% atau Rp.598.036.045.142. Untuk belanja modal fisik di angka 30.32% atau 9,5% dengan keuangan Rp.21.909.036.601,- khusus dana DAK realisasi fisik masih 20,79% dengan realisasi keuangan 10.46 % atau Rp.13.438.100.513.-,” ujarnya. 

Edi Susanto menambahkan, walau dinilai cukup baik, namun pimpinan OPD diharapkan segera melaporkan seluruh kegiatan di unit masing-masing secara tertib dan tepat waktu, baik itu kegiatan yang berasal dari Dana Alokasi Umum (DAU) ataupun Dana Alokasi Khusus (DAK). “Khusus untuk OPD yang mengelola kegiatan bersumber pada DAK agar melakukan pelaporan kegiatannya kepada Bupati sebagai bahan laporan ke Gubernur dan Kemendagri, karena keberhasilan pelaksanaan program sangat mempengaruhi tahapan pencairan dana DAK dari pusat,” pesannya. 

Diakhir penyampaiannya Edi Susanto mengatakan, dalam rangka optimalisasi kualitas pelayanan publik akan dilakukan penilaian dan kompetisi. “Tahun 2019 ini akan dilaksanakan kompetisi inovasi pelayanan publik bagi pemerintah nagari. Bagi yang menjadi terbaik akan diberikan reward pada 2020 dalam bentuk program dan kegiatan strategis nagari,” tukasnya. 

Sementara itu Asisten Administrasi Umum Helfy Rahmi Harun sepakat dengan harapan dan pesan Bupati. “Kondisi mutasi dan rotasi kemarin tentu berpengaruh terhadap pelaksanaan kegiatan, karena terjadi perubahan PA, KPA dan PPTK, hal ini juga harus segera ditindaklanjuti oleh instansi terkait terhadap kondisi ini, sehingga penyerapan anggaran triwulan II ini semakin bisa ditingkatkan lagi,” sampainya. 

Di kesempatan sebelumnya, Kabag Administrasi Pembangunan Setda Audia Safitri menyampaikan, kegiatan Monev triwulan II bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hasil kegiatan yang tercapai oleh OPD. “Rapat Monev dengan menghadirkan kepala OPD, Kepala Bidang, Kepala Bagian ini diharapkan memberikan informasi tentang kondisi pelaksanaan kegiatan dan juga mendapatkan informasi terhadap kendala dan permasalahan yang dihadapi di lapangan, sehingga bisa dibahas solusi terbaiknya dalam menyikapi masalah itu,” pungkasnya. (Humas/dvd)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id