Berita

EMPAT NAGARI MULAI BERMUSABAQAH PADA MTQ KE-3 KECAMATAN LINTAU BUO

Senin, 26 Agustus 2019 | 12:58 WIB | Seputar Kecamatan
EMPAT NAGARI MULAI BERMUSABAQAH PADA MTQ KE-3 KECAMATAN LINTAU BUO

BATUSANGKAR - Bupati Tanah Datar yang diwakili oleh Kepala Dinas PMPTSP dan Naker ZarRatul Khairi, buka secara resmi MTQ Nasional ke-3 tingkat kecamatan Lintau Buo, Senin (26/08/2019) di lapangan Bola Kaki Patinggi Nagari Tigo Jangko kecamatan Lintau Buo.

Tampak hadir pada pembukaan tersebut Anggota DPRD Provinsi terpilih Jefri Masrul, Anggota DPRD Tanah Datar Asrul Jusan, ketua GOW Tanah Datar Ny. Retri Zuldafri Darma, Kasi Bimas pada Kemenag Tanah Datar H. Helmi Zuldi, jajaran OPD, Camat Lintau Buo Utara Zulkifli, Camat Lintau Buo Agusril beserta forkompimca, kabag Kesra H. Afrizon, ketua BKMT sekaligus pengurus LPTQ kabupaten Tanah Datar H. Maswardi, wali nagari, ketua KAN, BPRN se-kecamatan Lintau Buo, niniak mamak, cadiak pandai, alim ulama, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Zaratul Khairi dalam menyampaikan sambutan bupati Tanah Datar mengatakan bahwa dasar pemikiran dalam pelaksanaan MTQ adalah untuk meningkatkan gairah umat, khususnya generasi muda agar senantiasa membaca, menelaah, memahami dan mengamalkan isi kandungan al quran dalam kehidupan sehari-hari.

MTQ tidak hanya menjadi cermin kesalihan spiritual, namun juga amat kental dengan gambaran aktifitas sosial keagamaan. Hal ini tergambar manakala hampir semua komponen umat terlibat dalam kegiatan ini secara tulus dan memfungsikannya sebagai wahana syiar agama yang diracik dengan aroma kebudayaan lokal.
Lebih dari itu sebut Zarratul, penyelenggaraan MTQ juga diharapkan mampu membangkitkan gairah dan motivasi yang kuat bagi generasi muda untuk meningkatkan kecintaannya terhadap al quran melalui pembudayaan dalam membaca, menghafal, memahami dan upaya mengamalkan isi kandungannya.

Dia juga berpesan kepada seluruh peserta agar berkompetisi secara ikhlas semata-mata mengharapkan pahala dari Allah SWT, selain itu gelaran MTQ kali ini bisa dijadikan sebagai ajang dalam meraih prestasi dan mengasah kemampuan individu. Sementara kepada dewan hakim juga diharapkan bisa menjadi pengadil yang baik, dan memberikan penilaian yang seadil-adilnya dan sejujur-jujurnya.

Dia juga tak lupa menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh panitia yang telah berkerja maksimal untuk terselenggaranya MTQ ke-3 tingkat kecamatan Lintau Buo ini, serta mengapresiasi dukungan masyarakat khususnya nagari Tigo Jangko yang telah memiliki andil besar dalam mensukseskan kegiatan ini.

Kasi Bimas Islam Kemenag Tanah Datar H. Helmi zuldi, M.Pdi, dalam sambutannya berharap pada gelaran MTQ ini bisa memunculkan bibit-bibit kafilah yang akan mampu bersaing dan berkompetisi di tingkat yang lebih tinggi lagi.

Dia juga mengatakan MTQ merupakan ajang berkompetisi bagi para Qori dan Qoriah yang ada, serta yang lebih penting kompetisi mengkaji kandungan Al-quran yang mengandung aspek-aspek dan aturan yang tegas, yang akan dijadikan pedoman dalam hidup.

Sementara panitia pelaksana menyampaikan bahwa MTQ Nasional ke-3 tingkat kecamatan Lintau Buo akan melombakan sebanyak 10 golongan cabang lomba dan akan dilaksanakan di 11 lokasi lomba yang menyebar di nagari Tigo Jangko serta diikuti oleh kafilah dari 4 nagari se-kecamatan Lintau Buo.

Di kesempatan yang sama H. Masrul Yakin Dt. Paduko Kayo salah seorang tokoh masyarakat Lintau Buo mengatakan sebagai masyarakat biasa menilai bahwa kegiatan MTQ memiliki dampak yang sangat positif bagi seluruh lapisan masyarakat.

Dia menyebutkan setidaknya ada tiga dampak nyata yang terkandung di dalamnya yaitu meningkatkan syiar agama, memberikan kesempatan pada generasi muda dalam berkompetisi dan meraih prestasi serta menjadikan peserta lebih berdisiplin dalam kehidupannya. “Untuk itu kami atas nama masyarakat Lintau Buo sangat mendukung program kegiatan ini dan siap andil dalam mensukseskannya,” ujar H. Masrul. (Humas-rilis/hp-heri)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Informasi Wisata
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id