Berita

BERMALAM DI WILAYAH DACITAS, 76 ORANG JADI AKSEPTOR BARU PROGRAM KB

Selasa, 10 September 2019 | 05:21 WIB | Seputar Kecamatan
BERMALAM DI WILAYAH DACITAS, 76 ORANG JADI AKSEPTOR BARU PROGRAM KB

BATUSANGKAR - Dalam rangka pembinaan Kampung Keluarga Berencana (KB) dan memanfaatkan Momentum Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK-KB-Kes di Kabupaten Tanah Datar tahun 2019, Dinas PMDPPKB melaksanakan kegiatan di Wilayah Daerah Terpencil dan Perbatasan (Dacitas) selama 2 hari Juma't dan Sabtu 6 dan 7 September 2019 di Nagari Lubuk Jantan Kecamatan Lintau Buo Utara.

Kegiatan yang dilakukan yaitu Pertemuan Forum Musyawarah Kampung KB di Jorong Pamasian, Pemutaran Film Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Jorong Mawar serta Bhakti Pelayanan KB dan Pengobatan Massal di Pustu Mawar II Nagari Lubuk Jantan Kecamatan Lintau Buo Utara.

"Untuk menjangkau layanan lebih luas, kita melaksanakan berbagai kegiatan dengan tujuan meningkatkan capaian target Akseptor Baru Program KB, selain itu juga melakukan pelayanan rutin KB dan bhakti sosial," sampai Kadis PMDPPKB Nofenril melalui selulernya, Senin (9/9/2019).

Nofenril menjelaskan, musyawarah kampung KB yang dihadiri sekitar 65 orang masyarakat dari berbagai lapisan menghasilkan beberapa masukan dan harapan masyarakat. "Yang menjadi harapan masyarakat tersedianya tenaga kesehatan (Bidan ) di Polindes yang sudah dibangun, perbaikan jalan menuju jorong Pamasian serta pengembangan budi daya ikan, ini akan kita bicarakan dengan instansi terkait" ungkapnya. 

Selanjutya Jum'at malam, tambah Kadis Nofenril, dilakukan pemutaran film dan penyuluhan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dengan dukungan fasilitas mobil Penerangan Perwakilan BKKBN Provinsi Sumbar. "Acara pemutaran film dipadati sekitar 150 masyarakat yang berakhir pada pukul 00.00 WIB. Walaupun sempat diwarnai hujan gerimis, namun karena animo masyarakat cukup tinggi untuk tetap bertahan dan tidak berselang lama cuaca cerah, kegiatan dapat berjalan dengan baik dan lancar," ungkapnya.

Selanjutnya, Nofenril juga menyampaikan, untuk pelayanan KB mengingat akses lokasi pelayanan cukup jauh dan berat bagi akseptor, dinas memfasilitasi antar jemput sehingga kegiatan pelayanan KB dan Pengobatan Massal yang dilaksanakan oleh Tim Kesehatan dari Puskesmas Lintau Buo I dipimpin dr. Sri Nurul Huda bisa berjalan baik dan lancar. “Alhamdulillah, kegiatan pelayanan bhakti sosial KB telah dilaksanakan, ada sebanyak 76 Akseptor Baru dengan rincian, 33 akseptor Suntik, 31 akseptor Baru Implan, 6 Akseptor baru IUD dan 6 orang Akseptor baru PIL dan untuk pelayanan pengobatan dilayani sebanyak 58 orang dan imunasi 5 orang anak,” pungkasnya. (Humas-rilis/dvd-wn) 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id