Berita

PROMOSIKAN JARWO 21, DINAS PERTANIAN ADAKAN LOMBA TANAM PADI

Rabu, 18 September 2019 | 06:22 WIB | Seputar Kecamatan
PROMOSIKAN JARWO 21, DINAS PERTANIAN ADAKAN LOMBA TANAM PADI

BATUSANGKAR “ Guna meningkatkan populasi tanaman dan produksi hasil pertanian terutama padi sawah, berbagai upaya dan teknologi terus digalakkan seperti halnya pola tanam padi di sawah yang dikenal Jajar Legowo (Jarwo) 21.

Jarwo merupakan sistim tanam untuk memanfaatkan pengaruh barisan pinggir tanaman padi (border effect) yang lebih banyak, dimana kelompok-kelompok barisan tanaman padi dipisahkan oleh suatu lorong atau ruangan yang luas dan memanjang.

Untuk pola tanam jarwo dengan jarak tanaman padi 25 cm maka ruangan kosong yang memisahkan antara kelompok barisan sekitar 50 cm, dimana ini bertujuan memanipulasi lokasi penanaman, sehingga tanaman padi memiliki jumlah batang pinggir lebih banyak.

Dalam rangka menggalakkan pola tanam padi sistim jarwo ini, Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Datar mengadakan lomba tanam padi sistim jarwo 21 di hamparan sawah kelompok tani Nagari Tabek Kecamatan Pariangan.

Kepala Dinas Pertanian Tanah Datar Yulfiardi kepada humas, Selasa (17/09) pada saat membuka lomba ini secara resmi, mengatakan lomba ini bertujuan untuk memotivasi petani atau kelompok tani (keltan) dalam mengadopsi teknologi jarwo sehingga terjadi peningkatan produksi panen dan kesejahteraan petani meningkat.

"Lomba yang kita adakan ini baru antar Keltan se-Nagari Tabek, selain sebagai upaya mewujudkan kawasan pengembangan teknologi yang seragam pada suatu hamparan juga sebagai alat pemersatu dan menambah keakraban antara petani maupun penyuluh pertanian. Lomba ini dari kita untuk kita dan untuk penyemangat panitia memberikan hadiah yang menarik kepada pemenang," ucapnya.

Yulfiardi juga mengatakan jika jarwo sangat menguntungkan petani, karena akan meningkatkan populasi tanam dan produktivitas tanam, meningkatkan intensitas cahaya sehingga dapat meningkatkan kualitas gabah dan mempermudah pemeliharaan seperti pemupukan, pengendalian hama penyakit dan sulam serta dapat mengurangi hama tikus.

Sementara itu koordinator penyuluh Rumsyah mengatakan jika kegiatan lomba ini juga bertujuan untuk menggalakkan jarwo 21 di Tanah Datar secara umum dan terkhusus Nagari Tabek.

"Kegiatan lomba menanam padi sistim jarwo ini juga untuk menyukseskan kegiatan Penas Tani 2020 mendatang yang dipusatkan di Kota Padang dan Kabupaten Tanah Datar akan menjadi salah satu daerah tujuan kunjungan dari tamu-tamu penas itu nantinya," ucap Rumsyah.

Untuk kriteria lomba dan penilaian Rumsyah katakan seperti terdiri dari kelompok, kerjasama dan kekompakkan, ketepatan penerapan sistim jarwo 21, lurusnya menanam sesuai jarak yang sudah ditentukan dan jumlah populasi dalam rumpun.

Dari segi keuntungan sistim jarwo 21 menurut Rumsyah peningkatan hasil bisa mencapai 33 persen, diumpamakannya produksi dengan panen tanam biasa 5 ton dengan jarwo 21 bisa mencapai 6,5 ton. Untuk sistim jarwo yang sudah dikembangkan petani di Tanah Datar selain 21 ini, dikatakannya ada juga sistim jarwo 41 dan 61.

"Kegiatan ini juga bertujuan memotivasi petani untuk menerapkan teknologi dan jarwo 21 ini akan kita lanjutkan ke teknologi salibu, karena ini sangat baik untuk salibu ke depannya, "ulas Rumsyah.

Salah seorang petani Endri Katik, mengatakan jika teknologi Jarwo 21 ini dijadikan salibu atau salinan ibu (setelah panen lahan tidak diolah kembali) agar hasil panen jauh lebih meningkat.

"Teknologi ini sudah saya lakukan semenjak tahun 2009 yang lalu dan dilihat panen padi pertama indukannya yang dijadikan salibu hasilnya jauh meningkat dan panennya bisa tiga kali dengan hanya satu kali pengolahan tanah, kita hanya tinggal perawatan dan pemupukan saja, sehingga biaya jauh lebih hemat,"ulasnya.

Turut hadir pada saat lomba menanam padi pola jarwo 21 ini perwakilan Camat Pariangan, Forkopimca, Wali Nagari Tabek dan undangan lainnya. (Humas-rilisIrfan F)

 

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id