Berita

BUPATI IRDINANSYAH KELUARKAN IMBAUAN CEGAH KARHUTLA

Senin, 23 September 2019 | 05:09 WIB | Lintas SKPD
BUPATI IRDINANSYAH KELUARKAN IMBAUAN CEGAH KARHUTLA

Guna meminimalisir ataupun mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang semakin meningkat di musim kemarau ini, Bupati Irdinansyah Tarmizi menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 521/921/Pertanian-2019 tertanggal 20 September 2019 yang ditujukan kepada camat dan walinagari se Kabupaten Tanah Datar.

Dalam SE memuat 9 point imbauan, di antaranya agar memperkuat sistem deteksi dini titik rawan kebakaran, mewaspadai api yang bersumber dari manapun, menghimbau dan melarang warga untuk membersihkan lahan dengan cara membakar serta mengaktifkan patroli masyarakat bersama Polri dan TNI.

Camat dan walinagari juga diimbau untuk berkoordinasi dengan pihak terkait ketika terjadi kebakaran di samping mengajak masyarakat saling bahu-membahu memadamkan api. Dan juga turut mensosialisasikan sanksi pidana yang diatur Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan serta kemudian segera menghubungi pihak hukum atau yang berwajib apabila ditemukan indikasi pembakaran hutan dan lahan.

Kabag Humas Yusrizal, Minggu (22/9/2019) mengungkapkan, musim kemarau yang sedang melanda berbagai daerah, termasuk Tanah Datar memiliki potensi kebakaran yang tinggi dan dari laporan yang diterima beberapa kali terjadi kebakaran lahan dan rumah warga.

“Banyak tanaman ataupun semak belukar yang mengering ditambah hembusan angin yang relatif kencang akan semakin mempermudah api menjalar membakarnya, karena itu perlu komitmen, kerja keras semua pihak terkait, termasuk Camat dan Wali Nagari untuk memantau dan mengawasi kawasannya masing-masing sangat kita harapkan sehingga tidak ada lagi Karhutla ke depan,” harapnya. (Humas-rilis/dvd)

 

 

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Informasi Wisata
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id