Berita

PEMKAB TANAH DATAR GANDENG KPPU, GELAR ADVOKASI DAN SOSIALISASI UU 5/1999

Kamis, 26 September 2019 | 07:58 WIB | Lintas SKPD
PEMKAB TANAH DATAR GANDENG KPPU, GELAR ADVOKASI DAN SOSIALISASI  UU 5/1999

Guna memberi pemahaman tentang prinsip persaingan usaha kepada perangkat daerah, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menggandeng Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) RI memberi advokasi dan sosialisasi UU Nomor 5/1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.

Acara yang dihadiri Kepala Perangkat Daerah, Pejabat Pembuat Komitmen, Pejabat Pengadaan Barang dan Jasa dan Pokja Pemilihan dibuka secara resmi oleh Bupati Tanah Datar yang diwakili Asisten Administrasi Umum Helfy Rahmy Harun di Gedung Indo Jolito Batusangkar, Kamis, (26/09/2019).

Dalam sambutannya Helfy menyambut baik terlaksananya kegiatan yang memfokuskan pembahasan pengadaan barang/jasa pemerintah daerah.

"Harapannya, advokasi dan sosialisasi ini memberikan manfaat bagi pengambil kebijakan agar tidak melanggar prinsip persaingan sehat sehingga menghambat pihak-pihak punya kesempatan ikut dalam persaingan itu sendiri," tutur Helfy.

Ia menambahkan, ke depan perlu kerjasama dan komunikasi yang efektif antara KPPU dengan pemerintah daerah menyikapi pelaksanaan UU 5/1999 sehingga persaingan usaha berjalan secara sehat di Tanah Datar.

“Melalui kegiatan ini saya berharap ada umpan balik dan masukan dari peserta terkait pekembangan dan kondisi persaingan usaha di daerah kita,” harapnya lagi.

Sebelumnya Kabag Perekenomian dan SDM Masni Yuletri selaku ketua panitia juga menyampaikan bahwa kegiatan ini sekaligus mensosialisasikan keberadaan lembaga KPPU kepada pemerintah daerah.

“Pemerintah daerah punya kepentingan dengan keberadaan KPPU terkait pengadaan barang dan jasa pemerintah, yang akan memberi saran, masukan dan advokasi persaingan usaha,” sampainya.

Kepala KPPU Wilayah I Ramli Simanjuntak dalam paparannya menyampaikan lembaga yang berdiri pada tahun 2000 lalu punya kewenangan lengkap mulai dari advokasi kebijakan, pengendalian merger, penegakan hukum dan pengawasan kemitraan.

“KPPU punya misi mewujudkan persaingan usaha yang sehat melalui pencegahan dan penindakan, internalisasi nilai-nilai persaingan usaha dan penguatan kelembagaan,” sampainya.

Ramli juga menegaskan lembaga KPPU melalui UU 5/1999 bertugas untuk memelihara pasar agar kompetitif dan terhindar dari pengaruh kesepakatan dan konspirasi yang cenderung mengurangi dan atau menghilangkan persaingan.

“Jika ada ditemukan ada konspirasi antara sesama penyedia atau dengan instansi pemerintah yang menjurus menciptakan persaingan usaha yang tidak sehat seperti penentuan harga, penentuan pemasok dan sebagainya, KPPU diberi mandat UU untuk meluruskannya,” tegasnya. (Humas-rilis)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id