Berita

BAZNAS TANAH DATAR SALURKAN BANTUAN PENDIDIKAN DAN REHAB RUMAH

Selasa, 08 Oktober 2019 | 15:58 WIB | Umum
BAZNAS TANAH DATAR SALURKAN BANTUAN PENDIDIKAN DAN REHAB RUMAH

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tanah Datar menyalurkan zakat bantuan masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan bantuan  program rehab rumah tidak layak huni di Gedung Indo Jolito Batusangkar, Selasa (08/10/2019).

Ketua Baznas Tanah Datar H. Emrizal Dt. Hyang Basa menyampaikan sebagai lembaga yang diamanahkan untuk mengumpulkan dan menyalurkan zakat umat Islam, Baznas mempunyai beberapa program bantuan di bidang pendidikan, kesehatan, kemanusian dan ekonomi.

"Hari ini kita salurkan zakat sebesar Rp. 85.325.000,- untuk 31 orang yang lulus di PTN dan Rp. 574.000.000,- untuk 28 orang program rehab rumah,” sampai H. Emrizal yang didampingi pengurus lainnya.

Untuk bantuan pendidikan sudah disalurkan sebanyak Rp. 167 juta dengan rincian bantuan pendidikan ke Timur Tengah untuk 3 orang sebesar Rp. 30 juta, bantuan kuliah di dalam negeri sebesar Rp. 51,9 juta dan bantuan masuk PTN sebesar Rp. 85,325 juta.

Sementara untuk bantuan rehab rumah dalam bentuk penyediaan bahan bangunan masing-masing 2 orang per kecamatan menerima senilai Rp. 20 juta.

H. Emrizal mengatakan Baznas Tanah Datar terus mengoptimalkan penyaluran zakat dari yang dikumpulkan. “Hari ini diakui penerimaan zakat di Tanah Datar semakin menurun dengan peralihan kewenangan pendidikan SLTA ke provinsi. Tahun 2019 maksimal bisa terkumpul sekitar Rp. 7 Miliar sementara tahun-tahun sebelumnya di angka Rp. 9,8 Miliar dan Rp. 10,8 Miliar,” jelasnya.

Untuk mensiasatinya, Emrizal juga mengapresiasi pemerintah daerah yang telah menghimbau ASN, TNI/Polri, Pegawai BUMN/BUMD untuk memaksimalkan pengumpulkan zakat tidak hanya gaji tetapi tunjangan lain yang diterima.

Bupati Irdinansyah Tarmizi kembali menyampaikan komitmen pemerintah daerah menyentuh kebutuhan masyarakat.

“Di awal kepemimpinan kami, begitu banyak permintaan secara langsung untuk bantuan pendidikan, biaya berobat dan bantuan usaha,” terang Irdinansyah yang didampingi Kadis Dikbud Riswandi dan Sekretaris Dinas Sosial PPPA Dadan Hendarsyah.

Irdinansyah terangkan dengan program berkantor sehari di nagari dan mengikutkan perangkat daerah dan instansi yang terkait langsung, banyak ditemukan masalah terutama administrasi kependudukan, asuransi kesehatan dan rumah tidak layak huni.

“Untuk itu pemerintah daerah bersama perangkat daerah melahirkan berbagai inovasi dan kebijakan menjawab permasalahan di masyarakat,” terangnya.

Untuk pendidikan, pemerintah daerah sudah bertekad membantu biaya masuk PTN bagi siswa dari keluarga tidak mampu dengan program Gerakan Pembangunan Masyarakat Cerdas (Gerbang Cerdas) serta rehab rumah tidak layak huni dengan program Gerakan Pugar Rumah Masyarakat Tidak Mampu (Gapura Mantap).

“Komitmen kita jelas, tidak ada anak Tanah Datar yang gagal masuk PTN karena alasan biaya, tahun ini kita salurkan hampir Rp. 1 Miliar mengantarkan anak Tanah Datar bisa kuliah di PTN, program ini kita yakini tidak hanya sekedar membantu tetapi bisa mengangkat kesejahteraan masyarakat nantinya,” tegas bupati.

Untuk program Gapura Mantap, jelas Irdinansyah menurut data ada sekitar 3.600 rumah tidak layak huni di Tanah Datar.

“Pemerintah daerah memaksimalkan program rehab rumah tidak layak huni dari berbagai sumber pembiayaan APBN, APBD, APB Nagari, CSR dan donatur,” sampainya lagi.

Irdinansyah terangkan sampai tahun 2019 ini sudah dilaksanakan rehab rumah hampir 2.800 rumah , lebih kurang sebanyak 600 rumah tahun 2017, 1.000 rumah tahun 2018 dan 1.200 rumah tahun 2019.

“Menjelang berakhir RPJMD, masih ada sekitar 800 rumah lagi yang diupayakan untuk dibantu,” ucap Irdinansyah. (Humas-rilis/wn)  

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id