Berita
Pemilu 2014

Pemkab Tanah Datar Sosialisasikan Pemilu Ke Sekolah

Senin, 25 November 2013 | 08:51 WIB | Lintas SKPD

Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menggelar program kunjungan ke sekolah untuk menjaring pemilih pemula yang jumlahnya cukup besar di daerah itu.

"Sosialisasi ke sekolah-sekolah khususnya jenjang SLTA ini sangat penting karena siswa merupakan pemilih pemula," kata Kepala Kantor Kesbangpol Tanah Datar diwakili Irwan saat sosialisasi Pemilu di SMK Negeri 1 Lintau Buo, Rabu Kemaren.

Pemkab Tanah Datar menggandeng Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) setempat untuk melakukan sosialisasi Pemilu ke pemilih pemula tersebut.

Irwan menyampaikan, pemerintah daerah berkewajiban melakukan sosialisasi Pemilu ini agar para siswa memahami pentingnya menggunakan hak suaranya untuk memilih anggota legislatif.

"Para siswa diharapkan menjadi pemilih yang cerdas dan mampu menganalisa siapa calon anggota legislatif yang terbaik dari yang baik," katanya.

Sementara itu, Komisioner KPU Tanah Datar Harmesyoni mengatakan potensi pemilih pemula di Tanah Datar cukup besar, diperkirakan mencapai 25 sampai 30 persen dari jumlah pemilih yang masuk daftar pemilih tetap (DPT) sekitar 273.888 orang.

Menurut Harmesyoni, materi sosialisasi pada pelajar tersebut, selain hal-hal yang berkaitan dengan teknis pemilihan, KPU juga mengajak siswa untuk menyalurkan aspirasi politiknya berdasarkan hati nurani, bukan karena iming-iming sesuatu atau imbalan tertentu dari para calon legislatif (caleg).

Dalam melakukan sosialisasi Pemilu 2014 itu tidak dilakukan sendirian, tapi juga menggandeng relawan demokrasi yang telah dibentuk beberapa waktu lalu dan sudah dibekali berbagai materi terkait Pemilu legislative, ungkap Harmesyoni.

Tugas relawan demokrasi itu adalah sebagai penghubung sekaligus yang menyiapkan segala sesuatu ketika KPU akan menggelar sosialisasi di lingkungan masyarakat, bahkan menjadi petugas sosialisasi partisipasi pemilih bagi masyarakat di sekitarnya.

"Berbagai elemen akan kita sasar untuk sosialisasi ini, yakni elemen perempuan, pemilih pemula, keagamaan, disabilitas, dan warga di daerah pinggiran. Semua kegiatan sosialisasi akan melibatkan relawan demokrasi," katanya.

Pada kesempatan itu, anggota Panwaslu Tanah Datar Irvan menyampaikan tugas dan fungsi pengawas Pemilu antara lain melakukan pengawasan setiap tahapan penyelenggaraan mulai dari persiapan, pencalonan, kampanye, sampai penghitungan suara.

"Pengawas pemilu juga melakukan proses penindakan setiap pelanggaran yang terjadi baik dugaan pelanggaran administrasi, pidana ataupun kode etik," ucapnya.

Para siswa mengetahui dan memahami peraturan Pemilu yang ada sehingga dapat mensosialisasikannya kepada keluarga terdekat harap Irvan .Humas/FanAnt/Hr

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id