Berita

WABUP : AYOMI ANAK KEMENAKAN, NINIK MAMAK PERLU TINGKATKAN KUALITAS DIRI

Kamis, 11 Oktober 2019 | 00:02 WIB | Seputar Kecamatan
WABUP :  AYOMI ANAK KEMENAKAN, NINIK MAMAK PERLU TINGKATKAN KUALITAS DIRI

Ninik mamak harus mampu menjadi teladan dan mengayomi bagi anak, kemenakan, kerabat sapasukuan serta masyarakat di sekitarnya. Karena itu ia dituntut selalu meningkatkan potensi diri dan kualitas SDM, karena ia menjadi ka pai tampek batanyo, ka pulang tampek ba barito.

Hal ini diungkapkan Wakil Bupati Zuldafri Darma saat acara malewakan gala suku Piliang Datuak Mogek Panghulu yang akan disandang Brigadir Pol. Syafrion, Rabu (9/10/2019) di rumah gadang suku Piliang Nagari Taluk Kecamatan Lintau Buo.

Wabup berharap, Syafriyon Dt. Mogek Panghulu yang keseharian merupakan seorang aparat Kepolisian RI yang aktif bisa menjadi pembimbing bagi generasi muda dalam menghindari perbuatan negatif. “Saat ini narkoba, pergaulan bebas, LGBT dan perilaku negatif lainnya begitu marak di tengah masyarakat terutama generasi muda kita, karena Sy. Dt. Mogek Panghulu mengerti hukum dan tentunya juga tahu teknik cara menanggulangi, diharap juga menularkan kepada anak kemenakannya,” sampainya.

Dan tentunya, tambah Zuldafri lagi, selaku datuk yang baru saja dilewakan, tentunya Sy. Dt. Mogek Panghulu harus segera menyesuaikan diri dengan para datuk atau ninik mamak yang lain. “Tentunya diharapkan juga, Sy. Dt. Mogek Panghulu bersama para ninik mamak semakin bersatu padu terutama dalam mendukung pembangunan di nagari dan kabupaten Tanah Datar ke depannya,” tukas Wabup.

Sementara itu Kapolres Tanah Datar AKBP. Rohkmad Hari Purnomo di kesempatan itu menyampaikan rasa bangga dan apresiasi atas dilewakan gala kepada salah satu anggotanya di jajaran Polres Tanah Datar. “Ini menjadi acara adat pertama saya semenjak dilantik sekitar 2 minggu lalu dan tentunya dengan menyandang gala Datuak, diharapkan Sy. Dt. Mogek Panghulu setelah memikul amanah ini bisa menjadi teladan dan contoh bagi keluarga dan masyarakat serta jajaran kepolisian lainnya,” Kapolres Hari.

Dan tentunya lagi, tambah Kapolres, dukungan dari keluarga, ninik mamak serta pihak lainnya dibutuhkan. “Agar Sy. Dt. Mogek Panghulu bisa berkerja maksimal baik selaku ninik mamak dan jajaran Polri tentu dukungan keluarga, ninik mamak yang lain serta jajaran pemerintahan sangat dibutuhkan, terbentuk dalam sinergi kerjasama yang harmonis, itulah yang menjadi kunci keberhasilan dalam tugas,” pesan Kapolres Hari.

Di kesempatan sebelumnya, Wali Nagari Taluk Pendi Aswil menyampaikan kebanggaan dan apresiasi terhadap palewaan gala datuk. “Alhamdulillah, baru di kegiatan ini hadir Pak Wabup bersama Kapolres, ini adalah hal luar biasa dan tentunya selaku Pemerintah Nagari kita siap mendukung sinkronisasi antara ninik mamak, pemerintah nagari bahkan sampai kabupaten dalam pelaksanaan pembangunan Tanah Datar ke depan,” sampainya. (Humas/dvd-hadi)

 

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Informasi Wisata
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id