Berita

BALAI ADAT TANTEJO GURHANO DIRESMIKAN, PENGURUS BUNDO KANDUANG TANAH DATAR..

Sabtu, 12 Oktober 2019 | 20:49 WIB | Seremonial
BALAI TANTEJO GURHANO DIRESMIKAN, PENGURUS BUNDO KANDUANG TANAH DATAR DIKUKUHKAN

Bupati Tanah Datar Irdinansyah resmikan Balai Adat Tantejo Gurhano, sekaligus menghadiri pelantikan pengurus Bundo Kanduang Tanah Datar yang dilantik Ketua Bundo Kanduang Sumatera Barat Prof. Hj. Puti Reno Raudah Thaib di Batusangkar, Sabtu, (12/10/2019).

Bupati Irdinansyah mengatakan Balai Adat Tantejo Gurhano Balai Adat yang mulai dibangun sejak tahun 2015 silam tersebut bakal difungsikan sebagai kantor LKAAM Tanah Datar dan Pengurus Bundo Kanduang Tanah Datar, serta kegiatan-kegiatan bernuansa adat Minangkabau.

"Dari hasil musyawarah bersama, Balai adat dinamakan Tantejo Gurhano, nama itu diambil dari tokoh arsitek pembangunan rumah gadang. Bangunannya walaupun belum tuntas secara keseluruhan, akan tetapi sudah bisa digunakan, untuk itu rawatlah sebaik-baiknya, fungsikan untuk kegiatan adat," ujar Bupati Irdinansyah.

Di kesempatan itu pula, Bupati Irdinansyah mengucapkan selamat kepada pengurus Bundo Kanduang yang baru dikukuhkan, serta ucapan terima kasih kepada pengurus Bundo Kanduang yang lama, karena telah berkontribusi sesuai peran bundo kanduang dalam adat istiadat Minangkabau.

"Dari Bundo Kanduang, lahir pewaris budaya adat Minangkabau. Pembinaan tentang budi pekerti, pembinaan adat istiadat dan sebagainya, Bundo Kanduang lah yang mengambil peran penting itu. Diharapkan, Bundo Kanduang yang dikukuhkan, segera melakukan konsilidasi dan aktifitas sebagaimana fungsinya. Selamat bertugas untuk pengurus baru, kepada pengurus lama diucapkan terima kasih," ujar Bupati Irdinansyah.

Sementara itu, Ketua Bundo Kanduang Sumatera Barat Prof. Hj. Puti Reno Raudah Thaib mengucapkan terima kasihnya kepada pemerintah daerah karena telah memberikan perhatian khusus sehingga pengukuhan dewan pengurus Bundo Kanduang Tanah Datar berlangsung lancar dan penuh khitmad.

"Pengukuhan pengurus Bundo Kanduang ini, suatu peristiwa penting, mengingat tahun kedua bagi kepemimpinan Gusnawilis, untuk melanjutkan perjuangannya, mewujudkan visi dan misi Bundo Kanduang di luhak nan tuo ini," ujarnya.

Ia menambahkan, sebagai insan terpilih sebagai pengurus Bundo Kanduang, ia berharap Bundo Kanduang baru dilantik dapat mengemban amanah yang dipercayakan.

"Sebagai titik awal pengurusannya, mudah-mudahan dapat meningkatkan kekuatan, guna melanjutkan perjuangan, dalam fungsi peranan Bundo Kanduang, di dalam adat, mande soko, kaum dan organisasi," ujar Prof. Hj. Puti Raudah Thaib lagi.

Ketua Bundo Kanduang Tanah Datar terpilih Gusnawilis bersama seluruh pengurus baru berupaya untuk bekerja semaksimal mungkin untuk merealisasikan, adaik basandi syarak, syarak basandi kitabullah di tengah-tengah masyarakat di Kabupaten Tanah Datar.

"Alhamdulillah, pemerintah daerah telah memberikan dana pembinaan organisasi Bundo Kanduang, nantinya kita gunakan untuk pelatihan Bundo Kanduang di nagari, kecamatan dan kabupaten. Ke depan, kita berharap dapat mewujudkan apa yang menjadi cita-cita bersama, dengan sairiang, saayun salangkah," ujar Gusnawilis.

Hadir pada saat itu ketua LKAAM Tanah Datar Hafzi Dt. Batuah, Forkompinda, Penasehat Bundo Kanduang Tanah Datar Ny. Emi Irdinansyah, Kepala OPD Tanah Datar, Owner Emersia Hotel Hj. Merriwarti, seluruh pengurus Bundo Kanduang Nagari, Kecamatan, Kabupaten dan tamu undangan lainnya. (Humas-rilis/rhn)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id