Berita
Instalasi Listrik Toko Pasar Batusangkar diganti

BUPATI M.SHADIQ PASADIGOE : UNTUK MENGHINDARI BAHAYA KEBAKARAN LISTRIK

Rabu, 27 November 2013 | 08:39 WIB | Lintas SKPD
BUPATI M.SHADIQ PASADIGOE : UNTUK MENGHINDARI BAHAYA KEBAKARAN,  LISTRIK  406 PETAK TOKO/KIOS PASAR BATUSANGKAR DIGANTI DENGAN BIAYA PEMDA
Petugas pemasangan instalasi listrik di kawasan pertokoan pasar serikat batusangkar Selasa (26/11).Humas

Bupati Tanah Datar M.Shadiq Pasadigoe mengatakan, untuk menghindari bahaya kebakaran yang diakibatkan oleh arus pendek, tahun 2013 ini sebanyak 406 petak toko/kios pasar Batusangkar diganti, karena umumnya kebakaran itu terjadi banyak yang diakibatkan oleh arus pendek.

Penegasan ini disampaikan Bupati Tanah Datar M.Shadiq Pasadigoe sehubungan dengan banyaknya terjadi kebakaran bangunan toko/kios, rumah masyarakat dan bangunan lainnya yang disebabkan oleh arus pendek listrik, untuk itu kepada seluruh masyarakat dihimbau untuk segera memeriksa jaringan listrik tersebut kepada lembaga resmi yang telah ditetapkan pemerintah yaitu Konsuil (Komite Nasional Keselamatan Untuk Instalasi Listrik) dan PPILN (Perkumpulan Perlindungan Instalasi Listrik Nasional) terutama yang telah berumur 15 tahun lebih.

Untuk pasar Batusangkar dari 579 petak toko/kios yang telah diteliti dan cek ulang oleh Konsuil Sumbar tahun 2012 lalu, ternyata hanya 2 petak toko yang layak operasi, selebihnya sudah tidak layak lagi dan memerlukan perbaikan, kalau hal ini dibiarkan maka kita khawatir konsleting listrik arus pendek itu sangat mungkin sekali terjadi.

Untuk itu tahun 2013 ini sebanyak 406 petak toko/kios pasar Batusangkar diperbaharui dengan biaya APBD Tanah Datar Tahun 2013 dengan anggaran sebesar Rp.412 juta.  Tahun 2013 ini baru dapat diperbaharui sebanyak 406 petak toko/kios, sisanya sebanyak 153 petak toko/kios lagi akan diperbaharui tahun 2014 dan  kegiatan ini baru pertama di Sumbar semoga juga diikuti oleh Pemkab/Pemko lain di Sumbar, jelas Shadiq.

Menurut Bupati Shadiq, dari sosialisasi yang disampaikan Konsuil dan PPILN ( Perkumpulan Perlindungan Instalasi Listrik Nasional) di Batusangkar bulan lalu, sekitar 50 % akibat kebakaran itu disebabkan oleh arus pendek listrik, karena sudah banyak istalasi listrik itu yang sudah tidak laik pakai lagi, untuk itu kepada seluruh masyarakat untuk segera memeriksa jaringan instalasi listrik dibangunan masing-masing dan melapor kepada perwakilan Konsuil yang sudah ada di Batusangkar.

Disamping itu kepada masyarakat juga dihimbau untuk selalu memakai bahan instalasi listrik yang berstandar  nasional Indonesia (SNI). Jaringan Instalasi listril yang telah diperiksa ulang akan diberikan Sertifikat Laik Operasi (SLO), sertifikat SLO ini akan berlaku selama 15 tahun.

Dijelaskan M.Shadiq, pasar sebagai pusat perekonomian masyarakat wajib kita pelihara bersama, kalau pasar sudah terbakar maka perekonomian masyarakat akan lumpuh dan untuk membangunnya kembali sangat sulit, karena kalau dibangun dengan APBD Tanah Datar tidak sanggup, untuk itu lebih baik kita lebih dini mewaspadai kemungkinan yang akan terjadi.

                Sebagaimana disampaikan oleh Fainil, pedagang pakaian dasar dan penjahit pakaian yang berlokasi di tingkat dua Pasar Bertingkat serikat C Batusangkar, bahwa instalasi listrik ini sudah berusia 29 tahun sama usianya dengan bangunan pasar ini yang seharusnya sudah diganti instalasi listrik ini karena sudah melebihi jangka pemakaian menurut yang sebenarnya.

                Kami bersyukur pemerintah sekarang memperhatikan keselamatan pedagang pasar dengan menukar baru instalasi listrik, sehingga kecemasan kami selama ini dapat diatasi dan kedepan kami dengan tenang tanpa memikirkan permasalahan listrik yang akan mengakibatkan kebakaran karena akibat arus pendek. Katanya.

                Sementara itu H. Rafinus pedagang Peci di Toko lantai pertama mengemukakan, kita sangat cemas dengan usia instalasi listrik di pasar Serikat C selama ini, karena usianya sudah melebihi batas jangka batasnya, sedangkan kita banyak tahu penyebab kebakaran disebabkan oleh Arus pendek, cukup mengkhawatirkan pedagang selama ini.

                Pemerintah Tanah Datar ternyata memperhatikan kecemasan itu dengan memperbarui kembali instalasi listrik, jelas ini akan member ketenangan kepada kita dari pedagang yang selama ini mencemaskannya, ungkap H. Rafinus.(Humas)

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id