Berita

PERINGATI HAI, SEKOLAH LAKSANAKAN 17 KEGIATAN EDUKATIF

Kamis, 08 November 2019 | 05:49 WIB | Seremonial
PERINGATI HAI, SEKOLAH LAKSANAKAN 17 KEGIATAN EDUKATIF

Turut memperingati Hari Anak Internasional (HAI) di Kabupaten Tanah Datar, Dinas Sosial didampingi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Kemenag, turun ke sekolah untuk meninjau dan menyaksikan langsung kegiatan Sehari Belajar di Luar Kelas yang dilaksanakan serentak hari ini, Kamis (7/11/2019) di beberapa sekolah di antaranya, TK Pertiwi Batusangkar, SD Komplek Batusangkar, SMPN 5 Batusangkar, SMAN 1 Sungayang, MTs N 10 Tanah Datar dan MAN 1 Tanah Datar.

Sekretaris Dinas Sosial dan PPA Dadan Hendrasyah didampingi Kasi Pemenuhan Hak Anak Riska yangberkesempatan mengunjungi SMAN 1 Sungayang, MAN 1 Tanah Datar dan MTsN 10 Tanah Datar menyampaikan, program Sehari Belajar di Luar Kelas diharapkan memberikan warna dan semangat baru bagi siswa dalam belajar menambah pengetahuannya.

“Kegiatan sehari belajar di luar kelas diharapkan bisa memenuhi hak sebagai anak, seperti hak bermain, berkelompok, bersosialisasi, mengenali dan mencintai lingkungannya serta tentunya semua anak merasa senang dan bergembira menuju sekolah ramah anak,” ujarnya.

Dengan kegiatan ini, menurut Dadan sekaligus bisa dijadikan salah satu bentuk kegiatan pendukung Kabupaten Layak Anak (KLA). “Pemenuhan hak anak ini tentunya juga mendukung pelaksanaan KLA di Tanah Datar, di mana ke depan hak anak tentunya semakin terpenuhi dengan baik, sehingga tercipta masyarakat sejahtera dan madani,” sampai Dadan.

Sementara itu Wakil Kesiswaan SMA N 1 Sungayang A.H. Purnamawati didampingi Wakil Kurikulum Alfi Hidayati menyampaikan, terima kasih kepada Pemerintah Daerah melalui Dinas Sosial dan PPA yang menjadikan sekolahnya salah satu tempat pelaksanaan sekolah ramah anak.

“Hari ini kita serentak memperingati HAI dengan menggelar kegiatan Sehari Belajar di Luar Sekolah. Dan dari hasil pengamatan kami, para siswa begitu bersemangat dan senang hati serta bergembira dalam laksanakan aktivitas belajar sambil bermain. Tentunya kami sangat mendukung program ini,” sampai A.H Purnamawati.

Senada hal itu, di kesempatan lain Kepsek MAN 1 Tanah Datar Maswardi mengungkapkan, kegiatan Sehari Belajar di Luar Kelas memberikan dampak yang cukup bagus bagi siswa dan siswi di sekolahnya. “Kegiatan ini mampu menumbuhkan semangat siswa dan siswi kami untuk bersekolah, apalagi kita juga mensinergikan pembelajaran melalui kegiatan di luar kelas ini. Dari hasil positif hari ini, tidak ada salahnya tahun selanjutnya kegiatan seperti ini menjadi kurikulum sekolah,” ujarnya yang juga disaksikan Kasi Penmad Kemenag H. Yusmarli.

Selepas itu Ketua OSIM MAN 1 Tanah Datar Refki Romadani bersama Rahmadiyah yang merupakan perwakilan siswa juga menyampaikan tanggapan positif terhadap kegiatan itu. “Hari ini kita merasa senang dan bergembira, karena kita bisa bermain sambil belajar, sehingga fikiran lebih fresh dan segar, sehingga pelajaran bisa diserap dengan baik. Tentunya ke depan kita mengharapkan kegiatan belajar seperti hari ini lebih sering dilaksanakan,” harap Rafki.

Sementara Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Riswandi saat mengunjungi TK Pertiwi Batusangkar mendukung kegiatan ini. “Ini kegiatan yang luar biasa dalam upaya penguatan pendidikan karakter siswa dengan 17 kegiatan yang edukatif,” sampai Riswandi.

Di antara 17 kegiatan tersebut jelas Riswandi, diawali kehadiran siswa di sekolah yang disambut Kepsek dan majlis guru, disalami dan diucapkan salam, kemudian memotivasi semangat patriotisme dalam diri siswa melalui kegiatan menyanyikan lagu-lagu perjuangan, sarapan bersama

“Di sini terjadi jalinan kasih sayang antar siswa dan guru melalui makan yg disuapi guru. Saya jadi terharu,  siswa yang mungkin sudah lama tidak  disuapi oleh orag tua di rumah atau memang karena orang tuanya jauh atau sudah meninggal dunia,” (Humas-rilis/dvd-rhn-wn)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id