Berita

WARGA LANSIA DI SUMPUR SYAHRIL DIKUNJUNGI WABUP ZULDAFRI

Kamis, 14 November 2019 | 16:12 WIB | Seputar Kecamatan
WARGA LANSIA DI SUMPUR SYAHRIL DIKUNJUNGI WABUP ZULDAFRI

Mendengar informasi tentang kodisi salah seorang warga yang tinggal disebuah tempat yang sangat tidak layak dan miskin, Wakil Bupati Tanah Datar H. Zuldafri Darma dengan didampingi camat Batipuh Selatan Heru Rachman serta Kapolsek Batipuh Selatan, Kamis (14/11) langsung datangi tempat tinggal warga tersebut.

Syahril (86 tahun) tinggal seorang diri di sebuah gubuk yang sangat tidak layak huni di Nagari Sumpur Batipuh Selatan, Syahril juga menderita sakit jantung dan harus berobat rutin ke Padang.

Saat dikunjungi oleh wabup, Syahril mengaku bahwa saat ini dia tinggal sendiri di pondok yang baru saja diperbaiki berkat bantuan dari sumbangan Purna Praja yang pengumpulannya disponsori oleh camat Batipuh Selatan Heru Rachman. Dia juga mengaku mempunyai seorang anak, namun saat ini anaknya tinggal dan menetap di Jakarta.

Sementara Wakil Bupati Zuldafri Darma, setelah melihat kondisi salah seorang warganya yang dalam keadaan memprihatinkan ini menjelaskan bahwa pemerintah secara menyeluruh sudah banyak memiliki program terkait dengan wujud atau perhatian terhadap warga-warga yang kurang mampu termasuk usia-usia lanjut yang memerlukan perhatian. Namun demikian masih ada juga yang luput dari perhatian kita bersama, sehingga masih ada juga yang kita temui termasuk bapak Syahril ini. Sehingga sampai saat ini belum mendapatkan perhatian, pembinaan dan bantuan dari pemerintah.

“Ini perlu kita lakukan lagi pemetaan lagi, inventarisir lagi, mana yang perlu mendapatkan perhatian khusus dan bantuan dari pemerintah daerah. Kita akan lakukan kembali pemetaan mulai dari nagari, kecamatan sampai pada dinas social termasuk dinas pemberdayaan masyarakat dan pengendalian penduduk dan KB,” ujarnya.

“Ini harus kita petakan kembali, sehingga seluruh program kegiatan yang kita realisasikan kalau bisa memang betul-betul tepat sasaran, dan kita berharap para wali nagari lebih proaktif lagi dalam melihat kondisi masyarakat, baik dalam bidang ekonomi, sosial, pendidikan termasuk kesehatannya. Artinya kita harus memperhatikan masyarakat kita secara menyeluruh,” tambah Zuldafri yang di kesempatan itu juga memberi bantuan.

Sementara, camat Batipuh Selatan Heru Rachman membenarkan bahwa selama ini bapak Syahril luput dari pendataan oleh pemerintah, baik itu dari pemerintahan nagari, kecamatan sampai kabupaten, sehingga sampai saat ini Syahril belum mendapatkan bantuan dalam bentuk apapun dari pemerintah.

Namun, sebagai salah satu warganya dia juga tidak akan menutup mata begitu saja. Dan salah satu upaya Heru telah menggalang dana bantuan melalui Purna Praja dan dari hasil pengumpulan sumbangan tersebut sudah diberikan kepada Syahril.

“Dari sumbangan yang kami kumpulkan, kami sudah belikan bahan untuk dinding dan atap seng untuk pondok tempat tinggal Syahril. Selebihnya, kami belikan kasur dan sembako serta uang tunai untuk bantuan biaya pergi berobat ke Padang,” ujar Heru.

Lebih lanjut Heru menjelaskan, sebelumnya Syahril tinggal di gubuk dengan berdinding dan beratapkan terpal saja, dan tidurnya hanya beralaskan dengan kardus. Namun saat ini dindingnya sudah diganti dengan triplek dan atapnya seng dan sudah ada kasur untuk alas tidurnya. (humas-rilis/hadi)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Informasi Wisata
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id