Berita
MTQ ke 35 Pasbar

MTQ ke 35 Tingkat Sumbar Diresmikan Menteri Agama Via Telpon Selular

Minggu, 01 Desember 2013 | 14:06 WIB | Lintas SKPD
Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional ke-35 Tingkat Propinsi Sumatera Barat Tahun 2013 yang dilaksanakan di Kabupaten Pasaman Barat, hari ini Sabtu (30/13) di buka secara resmi oleh Menteri Agama Republik Indonesia via sambungan telpon seluler.

Peresmian MTQ yang seyogyanya diresmikan pada hari jum'at tanggal 29 November di undur pada hari sabtu tanggal 30 November 2013, karena menyesuaikan dengan jadwal Menteri Agama RI. Namun dikarenakan cuaca yang tidak memungkinkan Menteri Agama RI, Surya Dharma Ali hanya bisa sampai di BIM Padang dan tidak bisa meneruskan perjalanan ke Kabupaten Pasaman Barat.

Melalui sambungan telpon seluler Menteri Agama RI Surya Dharma Ali dengan didampingi oleh Wakil Gubernur Sumbar Mulim Kasim menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada Bupati Pasaman Barat dan seluruh warga masyarakat Kabupaten Pasbar khususnya dan masyarakat Sumbar pada umumnya karena tidak bisa hadir langsung pada pembukaan MTQ tersebut.

Sementara itu Gubernur Sumatera Barat yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur H. Wan Hasri menyampaikan bahwa penyelenggaraan MTQ ini merupakan wujud komitmen dan konsistensi pemerintah daerah bersama segenap unsur lapisan masyarakat di Sumatera Barat untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan mendorong upaya untuk mengimplementasikan nilai-nilai luhur yang terkandung didalam Al Qur'an kedalam kehidupan duniawai dengan tujuan merubah perilaku masyarakat kearah yang lebih baik.

Untuk itu dengan konsistensi yang tinggi dalam melaksanakan MTQ ini seyogyanya mampu membangun kehidupan masyarakat dalam tatanan sosialnya. Substansi utamanya pelaksanaan MTQ ini untuk memasyarakatkan nilai-nilai kandungan al qur'an bagi segenap pribadi masyarakat sumatera barat.

Pada kesempatan itu dia juga mengajak para tokoh masyarakat, ulama, dan pemimpin umat agar terus membimbing, membina, dan menghindarkan umat dari tindakan-tindakan yang tidak terpuji.

Kepada segenap kafilah, pelatih dan pendamping dihimbau agar menjadikan kegiatan MTQ ini sebagai bagian dari peningkatan ukuwah islamiah dengan mengedepankan sportifitas dan pengembagan nilai al qur'an sebagai pedoman hidup dengan menerima keputusan yang ditetapkan oleh dewan hakim.

Sementara kepada dewan hakim yang dipercara dalam memberikan penilaian tentunya kita semua berharap penilaian yang diberikan selalu didasari dengan kejujuran, adil dengan hati nurani sekaligus sebagai bentuk kataatan kepada Allah SWT, karena kita semua tidak menginginkan adanya suara-suara miring karena ulah dewan hakim yang tidak terpuji.

Pada acara pembukaan MTQ Nasional ke 35 tingkat Propinsi Sumbar tahun 2013 yang dipusatka di Kecamatan Padang Tujuh Kab. Pasbar itu juga dihadiri oleh Bupati/Wali Kota se Sumbar, Muspida Kab. Pasbar, Kepala SKPD di lingkungan Pemda Pasbar dan segenap undangan dan kafilah. (Humas/Ydv/Hd-Hr)
Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id