Berita
Upacara Hut Korpri ke-48

PRESIDEN JOKO WIDODO PESANKAN KORPRI AMBIL JALAN PERUBAHAN

Jumat, 29 November 2019 | 23:29 WIB | Seremonial
PRESIDEN JOKO WIDODO PESANKAN KORPRI AMBIL JALAN PERUBAHAN

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tanah Datar Hardijono Sidayat menjadi Inspektur upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 48 Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Tahun 2019 di lapangan Gumarang Batusangkar, Jum’at (29/11/2019).

Dalam upacara yang juga dihadiri Sekda Irwandi, Forkopimda Tanah Datar serta seluruh Kepala OPD, Ketua GOW Ny. Retri Zuldafri Darma, Persit, Bhayangkari, ASN Tanah Datar, Siswa SLTA, SLTP dan SD selingkaran Kota Batusangkar, Kajari Sidayat membacakan sambutan tertulis Presiden Republik Indonesia selaku Penasihat Nasional Korpri.

Dalam sambutan yang dibacakan Kajari Sidayat disampaikan, persaingan antar negara yang semakin sengit dalam perebutan teknologi terutama dalam revolusi industri jilid 4. “Dalam perubahan dan persaingan itu, kita tidak boleh takut. Hadapi dengan cara dan terobosan baru, dimana kecepatan, kreativitas dan inovasi adalah kunci. Karena itu, presiden mengajak seluruh anggota Korpri untuk mengambil jalan perubahan dan reformasi secara berkelanjutan, terus mencari terobosan dengan meninggalkan pola pikir lama,” sampainya.

Lebih lanjut Presiden Joko Widodo, inginkan orientasi birokrasi harus betul-betul berubah bukan lagi berorientasi pada prosedur tapi lebih ke hasil nyata. Panjangnya rantai pengambilan keputusan harus bisa dipotong, dipercepat dengan penerapan teknologi, bahkan Presiden minta eselon 3 dan 4 ditiadakan agar pengambilan bisa lebih cepat.

Presiden juga menginginkan kita optimis dan percaya diri dalam menatap masa depan, tambah Kajari Sidayat, sehingga menjadi salah satu negara terkuat dan negara pemenang. “Kuncinya adalah kita mau bersatu, karena Indonesia negara majemuk. Karena itu Saya mengajak seluruh anggota Korpri yang tersebar di seluruh Indonesia menjadi garda terdepan dalam merajut persatuan, menjaga tali persaudaraan sebagai satu saudara se bangsa se Tanah Air, teruskan pengabdian dan karya terbaik bagi rakyat, bangsa dan negara,” katanya.

Selepas itu Kejari Hardijono Sidayat selaku Inspektur upacara melanjutkan dengan pembacaan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019.

Mendikbud menyebutkan tugas guru adalah yang termulia dan yang tersulit. “Anda ditugasi untuk membentuk masa depan bangsa tetapi lebih sering diberi aturan dibandingkan dengan pertolongan,” ungkapnya.

Nadiem berpesan di mana pun guru berada lakukan perubahan kecil di kelas. Ajakan Nadiem antara lain ajaklah kelas berdiskusi, bukan hanya mendengar, berikan kesempatan kepada murid untuk mengajar di kelas, cetuskan proyek bhakti sosial yang melibatkan seluruh kelas, temukan suatu bakat dalam diri murid yang kurang percaya diri, tawarkan bantuan kepada guru yang sedang mengalami kesulitan.

“Apapun perubahan kecil itu, jika setiap guru melakukannya secara serentak, kapal Indonesia ini pasti akan bergerak,” tutupnya.

Selesai upacara dilanjutkan dengan tabur bunga ke Taman Makam Pahlawan Bahagia Batusangkar.  (Humas-rilis/dvd)

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id