Berita

SUMBANG DUO BALEH BAWA SMP NURUL IKHLAS JUARA II NASIONAL

Sabtu, 30 November 2019 | 21:58 WIB | Seremonial
SUMBANG DUO BALEH BAWA SMP NURUL IKHLAS JUARA II NASIONAL

Siswa SMP Nurul Ikhlas Panyalaian X Koto Tanah Datar berhasil menorehkan prestasi di tingkat nasional dengan meraih medali perak pada Olimpiade Penelitian Siswa (OPSI) 2019 yang diikuti dari tanggal 26 s/d 30 November 2019 di Jakarta. Hal ini disampaikan Kadis Dikbud Riswandi melalui telepon selulernya, Sabtu (30/11/2019).

"Alhamdulillah salah seorang siswa kita torehkan prestasi nasional atas nama Rivaldo kelas IX Multahzam kelas VIII SMP Nurul Ikhlas Panyalaian X Koto, atas nama pemerintah daerah kami menyampaikan selamat dengan prestasi membanggakan ini mengharumkan nama Sumatera Barat dan Tanah Datar di kancah nasional," sampai Riswandi.

Sementara medali emas diraih SMP Negeri 5 Jogyakarta dan medali perunggu diraih SMP Negeri Sumber Pucung Jawa Timur.

Riswandi katakan kedua siswa ini mengangkat tema Sumbang Duo Baleh di mana penulis menjadikannya  sebagai  gerakan nasional revolusi mental dari bullying. Dengan filosofi hidup orang Minangkabau menjaga perilaku, jelas Riswandi Sumbang Duo Baleh bisa menghilangkan fenomena bullying kepada anak terutama yang terjadi di sekolah dan lingkungan.

"Selain rasa bangga, kemenangan ini menjadi sebuah pesan bagi kita orang tua, guru dan masyarakat bagaimana mendidik, mengingatkan kembali dan menanamkan nilai-nilai luhur yang ditanamkan orang tua kita dulu kepada siswa, anak dan kemenakan kita semua," ucapnya lagi.

Sumbang duo baleh merupakan peraturan yang tidak tertulis dalam adat Minangkabau yang berisi tentang tata krama dan nilai sopan santun, ada 12 ketaatan dan larangan yang harus ditaati.

Menurut literasi yang ada sumbang duo baleh di antaranya sumbang duduak, sumbang tagak, sumbang jalan, sumbang kato, sumbang caliak, sumbang makan, sumbang  pakai, sumbang  karajo, sumbang tanyo, sumbang jawek, sumbang bagaua dan sumbang kurenah. (Humas-wn)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id