Berita

LAPOR SP4N KANAL PENGADUAN MASYARAKAT, PERANGKAT DAERAH IKUTI BIMTEK DAN..

Jumat, 06 Desember 2019 | 22:37 WIB | Lintas SKPD
LAPOR SP4N KANAL PENGADUAN MASYARAKAT, PERANGKAT DAERAH IKUTI BIMTEK DAN EVALUASI

Dalam meningkatkan partisipasi dan interaksi masyarakat dengan pemerintah dalam pengawasan program pembangunan dan pelayanan publik, Pemerintah Pusat tepatnya Kantor Staf Kepresidenan RI bekerjasama dengan KemenPAN RB RI dan Ombudsman RI mengelola serta mengawasi jalannya sistem LAPOR Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (LAPOR SP4N).

Guna meningkatkan pemahaman tentang itu, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menggelar Bimbingan Teknis dan Evaluasi LAPOR SP4N di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar yang dibuka Bupati diwakili Sekda Irwandi, Kamis (5/12/2019) di Aie Angek Cottage Kecamatan X Koto.

Bupati Tanah Datar dalam sambutan yang dibacakan Sekda Irwandi menyampaikan apresiasi dan ungkapan terima kasih atas kehadiran dan antusias peserta dalam menghadiri Bimtek. “Terima kasih kepada para pejabat penghubung LAPOR SP4N yang telah berkenan hadir, semoga nantinya pengelolaan pelayanan publik di Tanah Datar semakin baik ke depannya, karena ini menjadi salah satu misi Bupati, tepatnya yang ketiga yaitu mewujudkan kehidupan yang harmonis, aman dan teratur dengan tata pemerintahan yang baik, bersih dan profesional,” katanya.

Sekda Irwandi menambahkan, Pemerintah Daerah Tanah Datar sejak 2016 lalu melalui Tim Pembina Pelayanan Publik telah melaksanakan pembinaan ke seluruh perangkat daerah. “Alhamdulillah, dengan pembinaan itu telah memberikan hasil positif terhadap kualitas pelayanan publik di lingkungan OPD kita, dibuktikan dengan diterimanya penghargaan predikat Kepatuhan Tinggi dari Ombudsman RI tahun 2017 dan penghargaan kategori Sangat Baik dari KemenPAN RB RI pada 2018 dan 2019,” sampainya.

Namun tentunya, tambah Irwandi, kita selaku pemerintah daerah jangan berpuas diri, namun terus melakukan pelayanan publik yang semakin berkualitas. “Kita menginginkan agar pelayanan publik berkualitas sampai ke ujung tombak pemerintahan, karena itu tahun 2018 lalu tim pembina pelayanan publik kabupaten telah lakukan pembinaan dan penilaian pelayanan publik ke 40 Pemerintah Nagari di Tanah Datar,” ujarnya.

Pengaduan merupakan salah satu sarana penyampaian aspirasi dan pengaduan masyarakat terhadap pelayanan publik, ujar Sekda Irwandi lagi, para pejabat penghubung LAPOR SP4N tentu harus meningkatkan kualitas dan kapasitasnya dalam melaksanakan tupoksinya. “Tentu diharapkan para pejabat penghubung di masing-masing OPD dengan bimbingan teknis ini mampu melaksanakan dan memahami tugas serta fungsinya, terutama dalam menanggapi aspirasi, keluhan, masukan dan aduan yang masuk melalui kanal LAPOR SP4N ini,” tukasnya.

Sementara itu Kepala Bagian Organisasi Setda Adriyanti Rustam selaku ketua pelaksana menyampaikan, kegiatan yang berada dalam salah satu program kegiatan Bagian Organisasi merupakan langkah untuk memberikan pemahaman dan pelatihan kepada pejabat penghubung di OPD se Tanah Datar. “Peserta Bimtek ini ada 39 pejabat penghubung dari masing-masing OPD di lingkungan Tanah Datar ditambah 1 orang dari PDAM Tirta Alami Batusangkar yang dilaksanakan selama dua hari dengan tujuan memberikan pembekalan aplikasi LAPOR SP4N Versi 3.0,” ujarnya.

Ke depannya, tambah Adriyanti, dengan pelaksaan Bimtek ini para pejabat penghubung diharapkan lebih memahami pengoperasian aplikasi LAPOR SP4N sehingga pelayanan publik, khususnya pengaduan dapat ditangani dengan baik. “Yang menyebabkan pengaduan menjadi faktor penting karena ia menjadi muara reformasi birokrasi adalah reformasi pelayanan publik, sebagai sarana perbaikan pelayanan publik, peningkatan kepercayaan masyarakat dan sebagai salah satu indikator untuk pengambilan keputusan atau kebijakan,” ungkapnya.

Di akhir penyampaiannya Adriyanti berharap ke depan masyarakat semakin kenal dan mengerti manfaat dan tujuan LAPOR SP4N. “Capaian ke depan di tahun 2020 nanti diharapkan seluruh lapisan semakin mengetahui LAPOR SP4N ini dan menjadi satu-satunya kanal resmi pengaduan, kritik dan saran bagi pemerintah daerah, namun tentunya terlebih dahulu kita persiapan dan kesiapan seluruh elemen pendukung, seperti pejabat penghubung ini, sehingga ketika kaduan semakin banyak kita bisa tangani dengan baik,” pungkasnya. (Humas-rilis/dvd)

 

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Informasi Wisata
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id