Berita

JUSUF KALLA : MASJID DIMAKMURKAN DAN MEMAKMURKAN MASYARAKAT

Sabtu, 07 Desember 2019 | 20:30 WIB | Seputar Kecamatan
JUSUF KALLA : MASJID DIMAKMURKAN DAN MEMAKMURKAN MASYARAKAT

Membangun masjid merupakan ibadah, bagi yang membangun masjid di dunia, Allah SWT janjikan akan dibangunkan rumah di sorga untuknya.

“Membangun masjid ini (Masjid Raya Tanjung Bonai-red) sungguh mengharukan karena melibatkan seluruh masyarakat, sehingga ada rasa memiliki bersama dan memakmurkan juga bersama, walaupun memakmurkan itu tugas bersama juga,“ sampai Ketua Dewan Umum Masjid Indonesia M. Jusuf Kalla saat peresmian dan pemakaian kembali Masjid Raya Tanjung Bonai, Jum’at (6/12/2019).

Jusuf Kalla Wapres ke-10 dan 12 ini mengingatkan tugas umat Islam tidak hanya memakmurkan masjid tetapi masjid juga memakmurkan masyarakat, melalui kegiatan pendidikan dan kegiatan kemasyarakatan.

“Bicara tentang kesehatan, bicara tentang ekonomi, perdagangan, tentu  kita mengenal masyarakat Minangkabau di samping cinta kepada agama juga pedagang yang ulung,” sampai  JK begitu kerap disapa.

“Saya termasuk warga di sini karena isteri saya orang sini (Minang-red), orang terkemuka di sini pakai kain sarung Bugis,  ulama  pertama di Makasar orang Minang, lengkaplah sudah kombinasinya, tidak sia-sia saya  beristeri orang Minang,” sebut JK sambil melirik Ibu Mufidah.

Lebih lanjut JK berbicara, memakmurkan masjid tidak hanya indahnya, cemerlangnya masjid, tetapi makmur itu artinya, pengajiannya tidak hanya soal akhirat, soal dunia juga pengajian, bukan para ulama saja yang dipanggil, tetapi juga cerdik pandai, bagaimana memajukan pertanian, bagaimana pucuk kopi, pucuk cengkeh, bunyi doa kita saja selamat di dunia dan selamat di akhirat, dunia dulu baru akhirat.

JK juga apresiasi sistem di Minangkabau, “Hanya di Minang ada unsur ulama, ninik mamak, cerdik pandai dan bundo kandung yang selalu menjadi tulang punggung nagari, karena itulah saya sebagai ketua dewan masjid sangat menghargai upaya ini. Setiap hari kita punya masjid baru, itu artinya keimanan kita tinggi dan di situ ada kedamaian, dalam kedamaian ada keadilan.

“Semoga masjid ini dimakmurkan, maknanya banyak, diramaikan, ibadahnya, pendidikannya dan memakmurkan masyarakat, masyarakat berkumpul, berbicara, mendiskusikan kopi, jagung, padi dan sebagainya, bagaimana kita bisa sejahtera,” pesannya.

Senada dengan itu Bupati Irdinansyah menyebutkan harapan bersama Tanah Dattar menjadi negeri madani. “Semakin maraknya dibangun masjid-masjid baru di Tanah Datar, Insya Allah bukti masyarakat semakin sejahtera dan iman semakin meningkat,” ucap Irdinansyah.

Untuk kecamatan Lintau Buo Utara jelas Irdinansyah ada 5 nagari, 3 nagari Tanjung Bonai, Tepi Selo dan Lubuk Jantan sudah punya masjid baru, dan ada yang sedang tahap dibangun.

“Semoga di lingkungan sekitar masjid jadi perhatian, bagaimana pendidikan anak-anak kita, karakter generasi muda. Sesuai pesan pak JK tadi, masjid tidak hanya agama tetapi bicarakan masalah dunia,” pesan Irdinansyah.

Sebelumnya Ketua Panitia Pembangunan Masjid Raya Tanjung Bonai Mufril melaporkan masjid ini mulai dibangun kembali 6 September 2016 yang lalu dengan 2 lantai dan biayanya lebih kurang Rp.7 Miliar.

“Pembangunan ini adalah infak dan sedekah dari Bapak Jusuf Kalla dan Ibu Mufidah, dari perantau Tanjung Bonai dan seluruh lapisan masyarakat nagari Tanjung Bonai serta kaum muslimin di mana pun berada. Oleh karena itu atas nama panita pembangunan mengucapkan terima kasih, semoga menjadi amal jariyah kita semua,” sebutnya.

Setelah peresmian yang dihadiri Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, Syahrul Ujud, Fahmi Idris, Prof. Fasli Djalal, Syahrul Ujud, Masriadi Martunus, Shadiq Pasadigoe, segenap unsur masyarakat Tanjung Bonai di kampung halaman dan pulang dari rantau dilanjutkan dengan shalat juma’t perdana dengan khatib Buya Masnefi. (Humas-rilis/wn)   

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Informasi Wisata
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id