Berita

MELALUI DIALOG BUDAYA, PEMKAB BERHARAP ADA PEMAHAMAN DAN KESAMAAN PERSEPSI..

Senin, 09 Desember 2019 | 13:07 WIB | Seremonial
MELALUI DIALOG BUDAYA, PEMKAB BERHARAP ADA PEMAHAMAN DAN KESAMAAN PERSEPSI PELESTARIAN DAN PENGEMBANGAN BUDAYA DI TANAH DATAR

Pergelaran Festival Pesona Minangkabau (FPM) yang dilaksanakan dari 4 sampai 8 Desember 2019 menjadi momentum penting bagi Kepariwisataan Tanah Datar, karena dalam festival ini diwarnai 16 iven bernuansakan budaya Minangkabau dan salah satunya digelar dialog budaya dan pariwisata, Sabtu (7/12/2019) di Emersia Hotel Batusangkar.

Dialog Budaya yang dibuka Bupati Tanah Datar diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Irwandi didampingi Kadis Parpora Abdul Hakim, Ketua LKAAM Tanah Datar Hafzi Dt. Batuah diikuti penggiat dan pelaku budaya dan wisata Tanah Datar yang akan membicarakan tentang keterlibatan dan peran serta budaya dalam memajukan serta mengembangkan pariwisata di Luhak Nan Tuo ini.

Bupati dalam sambutan yang disampaikan Sekda Irwandi berharap, dialog budaya dan pariwisata mampu memberikan pemahaman serta persamaan persepsi dalam pelestarian dan pengembangan budaya di Tanah Datar. “Tanah Datar adalah Luhak Nan Tuo sebagai Pusat Adat dan Budaya Minangkabau, potensi ini harus mampu kita manfaatkan secara maksimal sehingga bisa menjadi tujuan utama dari wisata budaya, karena daerah kita ini mempunyai banyak warisan budaya yang masih lestari sampai saat ini,” katanya.

Sekda Irwandi juga mengungkapkan berbagai potensi wisata banyak yang layak dijual sebagai penarik wisatawan untuk berkunjung dan bermalam di Tanah Datar. “Kita punya wisata sejarah, baik sejarah Minangkabau ataupun kerajaan Pagaruyung, wisata alampun tak kalah banyaknya seperti air terjun Lembah Anai, Danau Singkarak, Nagari Tuo Pariangan yang juga salah satu Negeri Terindah di Dunia, Puncak Pato dan lainnya. Kekayaan kuliner dan kesenian tradisional tak kalah banyak yang bisa kita tampilkan untuk membuat para wisatawan singgah dan bermalam di daerah kita,” ungkapnya.

Namun harus diakui, tambah Irwandi, pengelolaan wisata budaya belum begitu maksimal disebabkan berbagai faktor. “Sarana dan prasarana yang kurang memadai, SDM pengelola wisata yang masih kurang, kesiapan masyarakat berperan aktif mengelola pariwisata masih sedikit, masih kurangnya minat pihak swasta untuk investasi ditambah anggaran dari APBD yang masih kurang membuat pariwisata kita masih sulit untuk berkembang lebih baik, tapi tentunya kita pelaku wisata tetap semangat dan terus berjuang serta berkarya untuk pariwisata lebih baik ke depan,” ungkap Irwandi.

Di akhir penyampaiannya Irwandi menyampaikan terima kasih atas kehadiran para pelaku pariwisata dalam kegiatan dialog ini. “Terima kasih telah hadir dan meluangkan waktu untuk hadir dalam dialog ini, tentunya selepas ini akan diperoleh catatan-catatan penting untuk pengembangan pariwisata di Tanah Datar ke depan,” pungkasnya. (Humas-rilis/dvd)

 

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id