Berita

JEMPUT ASPIRASI, BUPATI IRDINANSYAH GELAR DIALOG DENGAN TOKOH MASYARAKAT

Kamis, 13 Desember 2019 | 00:15 WIB | Lintas SKPD
JEMPUT ASPIRASI, BUPATI IRDINANSYAH GELAR DIALOG DENGAN TOKOH MASYARAKAT

Pembangunan fisik dan non fisik harus seiring dan sejalan. Tidak semata mengejar keberhasilan pembangunan infrastruktur tetapi harus diiringi pembangunan mental dan spritual masyarakat Tanah Datar. Keseimbangan ini yang ingin dicapai pemerintah daerah melalui program-program pembangunannya.

Menjelang akhir tahun 2019 ini, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi didampingi perangkat daerah terkait menggelar dialog dan silaturahmi dengan tokoh masyarakat untuk menyampaikan informasi capaian pembangunan sekaligus menampung masukan pembangunan yang sudah berjalan dan perbaikan ke depannya.

"Program Gerbang Cerdas bantuan untuk anak-anak Tanah Datar bisa melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri, program Gapura Mantap untuk rehab rumah tidak layak huni serta perbaikan indikator-indikator pembangunan lainnya mengantarkan Tanah Datar mendapat Penghargaan Pembangunan Daerah dari Presiden RI beberapa waktu lalu. Ini patut disyukuri dan dipertahankan," ungkap Irdinansyah saat silaturahmi dengan tokoh masyarakat X Koto, Batipuh dan Batipuh Selatan di Gedung Serba Guna Batipuh, Kamis (12/12/2019).

Lebih lanjut Irdinansyah sampaikan, Juara Umum MTQ Nasional Tingkat Provinsi ke-38 yang diraih Tanah Datar juga merupakan buah kerja keras seluruh unsur, menyiapkan anak-anak Tanah Datar menjadi generasi yang unggul khususnya di bidang ilmu Alquran.

"Semangat bersama mulai dari orang tua, guru TPA/MDA, guru rumah tahfiz bersama pemerintah daerah dan unsur lainnya, bagaimana anak-anak Tanah Datar menjadi generasi hafiz quran. Didukung 172 rumah tahfiz saat ini, program tahfiz perlu digelorakan untuk generasi Tanah Datar masa depan. Hasil jangka pendeknya, cabang tahfiz penyumbang poin terbesar untuk mengantarkan Tanah Datar mencatat sejarah pertama kali juara umum MTQ tingkat Sumatera Barat. Jangka panjangnya akan dirasakan 10 atau 15 tahun mendatang," urai Irdinansyah lagi.

Irdinansyah katakan keberhasilan ini bukan milik atau karena bupati atau wakil bupatinya tetapi berkat kerjasama dan dukungan semua pihak.

"Hari ini, kami menyampaikan progam pembangunan sekaligus ingin mendengar masukan-masukan terhadap apa yang sudah dijalankan dan untuk ke depan yang lebih baik," ungkap bupati yang didampingi Asisten Ekobang Edi Susanto, Kepala Baperlitbang Alfian Jamrah, Kadis PU Nofi Hendri Camat X Koto Khairunnas, Camat Batipuh Arianto dan Camat Batipuh Selatan Herru Rachman.

Dalam diskusi yang dihadiri Fokompinca, Ketua KAN, Ketua BPRN, Bundo Kanduang, unsur ulama, pengurus masjid, kepala sekolah dan unsur masyarakat lainnya, secara umum mendukung dan mengapresiasi program pembangunan yang sudah dijalankan.

"Kami sangat mendukung program tahfiz untuk generasi muda demi melindungi dan menyelamatkan karakternya di tengah ancaman penyalahgunaan teknologi informasi yang ada pada telepon pintar," sampai tokoh masyarakat dari BPRN Tanjung Barulak.

Kapolsek X Koto di kesempatan itu juga mengapresiasi program-program pemerintah daerah khususnya di bidang keagamaan. "Menjelang tahun baru, kami sepakat dengan pemerintah daerah untuk tidak memberi izin keramaian di malam tahun baru khususnya di Gunung Marapi, kita akan ganti dengan silaturahmi kantibmas di Polsek X Koto," tegas Kapolsek X Koto.

Beberapa tokoh masyarakat juga menyampaikan harapan untuk perbaikan kondisi jalan di beberapa nagari, pembangunan pasar nagari, pembangunan kantor walinagari, pemerataan guru dan antisipasi ancaman longsor. (Humas-rilis/wn-dvd)

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Informasi Wisata
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id