Berita

HARI BELA NEGARA, HARI KESETIAKAWANAN DAN HARI IBU DIPERINGATI

Jumat, 20 Desember 2019 | 10:47 WIB | Seremonial
HARI BELA NEGARA, HARI KESETIAKAWANAN DAN HARI IBU  DIPERINGATI

Upacara Bela Negara ke-71, Hari Kesetiakawanan Sosial dan Hari Ibu Tahun ke-91 di Tanah Datar bertindak sebagai insprektur Komandan Distrik Militer (Dandim) 0307 Tanah Datar Letkol Inf Edi S. Harahap di lapangan Kubang Kecamatan Lintau Buo Utara, Kamis (19/12/2019). 

Upacara ini turut dihadiri Wabup Zuldafri Darma, Forkopimda, Kepala OPD, Kabag, Ketua GOW dan undangan lainnya dan berlangsung khidmat dan khusyuk serta antusias.

Di kesempatan itu Dandim Edi S. Harahap juga membaca tiga sambutan, yakni dari Presiden RI, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Bupati Tanah Datar. 

Presiden RI dalam amanat yang dibacakan Dandim menyampaikan, peringatan Hari Bela Negara (HBN) untuk mengenang perjuangan Mr. Syafroedin Prawiranegara mendirikan Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) pada 19 Desember 1948 di Bukittinggi untuk membela kelangsungan hidup bangsa dan negara dan membuktikan bahwa Bangsa Indonesia tetap dan akan terus eksis selama-lamanya. 

“Tantangan yang dihadapi bangsa dan negara semakin hari semakin berat dengan beragam bentuknya. Perang modern bukan sekadar perang militer melainkan perang yang berkaitan dengan aspek kehidupan masyarakat. Karena itu tidak hanya tugas militer namun juga seluruh komponen bangsa dalam menjaga keutuhan NKRI,” sampai Dandim membacakan amanat presiden. 

Sejalan dengan itu, pada tahun 2018 Presiden Republik Indonesia telah menginstruksikan pelaksanaan Rencana Aksi Nasional Bela Negara di berbagai bidang dan tataran di seluruh Indonesia dengan melibatkan segenap Jajaran Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah, serta berbagai elemen masyarakat sebagai wujud apresiasi atas berbagai keahlian manusia Indonesia.

“Aksi Nasional Bela Negara juga melengkapi keahlian SDM kita dengan pengamalan nilai-nilai bela negara yang meliputi cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, kesetiaan dan keyakinan kepada Pancasila sebagai ideologi negara, kerelaan berkorban untuk bangsa dan negara, serta kemampuan awal bela negara dan semangat untuk mewujudkan negara yang berdaulat, adil dan makmur,” sampai Dandim Edi. 

Dalam aktualisasinya, tambahnya lagi, bela negara harus disesuaikan dengan kondisi kekinian yang dihadapi oleh masyarakat secara umum serta dilandasi sinergi semua pemangku kepentingan sehingga terwujud kekuatan yang besar untuk mencapai tujuan yang besar pula. Dengan demikian, bela negara bukan hanya menjadi alat untuk menghadapi ancaman yang bersifat potensial maupun aktual, namun juga menjadi alat pencapaian tujuan nasional bangsa dalam jangka panjang yang memerlukan kerja keras serta sinergi bersama secara terus menerus.

Selanjutnya Dandim membacakan sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak tentang peringatan Hari Ibu serta sambutan Bupati Tanah Datar.

Selepas upacara para peserta dan undangan disuguhi drama kolosal tentang perjuangan kemerdekaan dengan Pemerintah Darurat Republik Indonesia dalam menyelamatkan radio sebagai alat komunikasi ke dunia Internasional bahwa Indonesia masih ada. Drama bertemakan Jalan Terjal Kemerdekaan, Yonkie Bravo Juliet 6 Penyambung Nadi Bangsa. (Humas)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Informasi Wisata
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id