Berita

WABUP ZULDAFRI DARMA : PERINGATAN MAULID NABI BENTENG KEIMANAN UMAT MUSLIM

Senin, 23 Desember 2019 | 08:34 WIB | Seputar Kecamatan
WABUP ZULDAFRI DARMA : PERINGATAN MAULID NABI BENTENG KEIMANAN UMAT MUSLIM

Maulid Nabi Besar Muhammad SAW tidak hanya sekedar memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad SWA tetapi menjadikan beliau sebagi suri teladan dalam kehidupan.

Apalagi dengan kemajuan teknologi infomasi dan globalisasi, umat dihadapkan dengan tantangan yang sangat luar biasa. Jika tidak secara bijak menyikapi, alamat akan rusak generasi penerus bangsa. Maka diperlukan benteng yang kuat.

Hal itu dipesankan Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma ketika menghadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad. SAW 1441 H, Minggu (22/12) di Pondok Pesantren Jabal Rahmah Nagari Koto Batu Kecamatan Sungai Tarab.

Wabup katakan dengan diadakannya peringatan Maulid Nabi atau kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya ini dapat menjadi benteng keimanan umat muslim terutama generasi muda.

"Saya apresiasi dan sampaikan ucapan terima kasih pada pengurus Pondok Pesantren Jabal Ramah dan masyarakat serta generasi muda di nagari yang telah bahu-membahu mengangkat acara ini, "ucapnya.

"Dengan lahirnya Nabi Besar Muhammad. SAW adalah rahmat bagi kita Umat Muslim, suri tauladan yang baik, dan menjadi contoh bagi kita. Tidak lama lagi pergantian tahun masehi untuk itu isilah dengan kegiatan keagamaan, "pesan Zuldafri.

Sebelumnya Camat Afrizal juga puji masyarakat Nagari Koto Baru yang kompak dan saling bekerja sama, seperti halnya dalam pelaksanaan Maulid Nabi Muhammad. SAW tersebut.

"Masyarat Nagari Koto Baru sangat kompak, dalam mengangkat acara ini masyarakat saling bekerja sama, bahkan para bundo kanduang secara swadaya membawa dulang atau jamba untuk perhelatan ini," ucapnya.

Afrizal juga katakan beberapa waktu lalu pasca longsor dan banjir di beberapa titik di Kecamatan Sungai Tarab, masyarakat turun bergotong royong untuk membersihkan material.

Sekaitan dengan peringatan Maulid Nabi, Afrizal ucapkan terima kasih pada pihak Pondok Pesantren, Pemerintah Nagari Koto Baru dan masyarakat, serta berharap agar peringatan tersebut rutin dilaksanakan setiap tahun.

Sementara itu tausiah agama oleh Ulama Internasional dari Universitas Al-Azhar Mesir Syekh Walid Hamdi menyampaikan dalil-dalil tentang Maulid Nabi Besar Muhammad.SAW. Ia mengatakan bahwa memperingati maulid nabi yang memberikan manfaat bagi kaum muslimin itu hukumnya boleh.

Syekh Walid juga menyebutkan jika hari kelahiran Nabi Muhammad,SAW pada hari Senin hari yang penuh berkah, maka itu baik untuk berpuasa.

Dari Abu Qotadah Al Anshori radhiyallahu 'anhu, Rasulullah sallallahu 'alaihi wa sallam pernah ditanya mengenai puasa pada hari Senin, lantas beliau menjawab, yang diterjemahkan, "Hari tersebut adalah hari Aku dilahirkan, hari Aku diutus, atau diturunkannya wahyu untuk ku" (HR. Muslim, 1162).

"Syekh Ibn Taimiyah dalam kitab igtidha' as-Shiratil Mustaqim  mengatakan bahwa memperingati Maulid Nabi Muhammad. SAW tidak bertentangan dengan Alqur'an dan Sunnah, Syekh ini  berpendapat bahwa Ia mengikuti pendapat Imam Syafi'i. Sebab pendapat  Imam Syafi'i peringatan maulid nabi memberi manfaat kepada orang banyak, apa manfaatnya?, yang pertama silaturrahim, yang kedua mahabbah (mencintai dan merasa senang) sesama muslimin, memperkokoh keimanan umat muslim dan ini adalah salah satu tujuan dari Agama Islam itu, "ucap Syekh Walid yang diterjemahkan oleh pimpinan pondok pesantren tersebut.

Syekh Walid juga menyampaikan umat Islam saat ini tentang memahami antara aqidah dan haqiqat campur aduk, tidak dapat membedakan antara yang satu dengan yang lainnya.

Tempat terletaknya haqiqat pada nafsu, sedangkan 'aqidah terletak pada akal. Bila mana akal tidak dikotori oleh hawa dan wujud waham maka akal itu bercahaya dapat melihat kebenaran, bilamana nafsu tidak dikotori oleh kecintaan dunia yang berbunga-bunga maka nafsu akan menumbuhkan ma'rifat (menyaksikan) kebenaran Allah.SWT pada dirinya. (Humas-Irfan F/Hadi P).

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Informasi Wisata
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id