Berita

SANTUNI RATUSAN ANAK YATIM SETIAP TAHUN, WABUP ZULDAFRI DARMA APRESIASI..

Senin, 23 Desember 2019 | 18:03 WIB | Seputar Kecamatan
SANTUNI RATUSAN ANAK YATIM SETIAP TAHUN,  WABUP ZULDAFRI DARMA APRESIASI MAJELIS TAKLIM NAGARI TALUK

Menyantuni anak yatim merupakan salah bentuk berbuat kebaikan bahkan Syariat Islam mengharuskan agar anak yatim mendapat kasih sayang, kelembutan dan pendidikan yang baik. Kewajiban ini yang harus ditunaikan oleh umat Islam sebagai pengganti wali mereka yang sudah meninggal.

Didasari hal tersebut Pengurus dan anggota Majelis Ta'lim Nagari Taluk Kecamatan Lintau Buo memberikan santunan bagi anak yatim dan anak-anak kurang mampu dengan berbagai perlengkapan sekolah dan melaksanakan khitanan massal, Senin (23/12) di Kantor Wali Nagari Taluk Kecamatan Lintau Buo.

Ketua Majelis Taklim Nagari Taluak H. Alius jelaskan berdirinya majelis taklim ini adalah dengan tujuan kemaslahatan umat dan juga untuk tujuan sosial kemasyarakatan, seperti menyalurkan infak, sedekah, zakat dan kegiatan lainnya seperti yang dilaksanakan hari ini, kegiatan pemberian santunan bagi anak yatim piatu dan keluarga kurang mampu dan juga sunatan masal yang sudah menjadi agenda rutin tahunan.

Pada tahun ini  jelas H. Alius, bantuan disalurkan untuk perlengkapan sekolah kepada anak kurang mampu dan yatim piatu sebanyak 116 orang dan dilaksanakan sunatan massal sebanyak 31 anak dari dua nagari yaitu nagari Taluk dan nagari Tigo Jangko.

Dana dikumpulkan jamaah melalui sumbangan anggota majelis taklim, jamaah, donatur perantau dari berbagai daerah, pemakaian inventaris majelis taklim, jasa SPP Majelis Taklim, donatur di kampung, wakaf jamaah yasinan, kotak celengan masjid, dan kotak amal di toko-toko.

Tokoh perantau H. Khailani yang hadir pada saat acara tersebut sampaikan rasa syukur dan bangga karena dapat berbagi dengan masyarakat di kampung halaman. Ia berharap kepada anak-anak yang mendapatkan santunan agar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, ke depan semakin rajin solat dan baca Alquran, rajin belajar untuk mengejar prestasi.

Sementara itu Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma yang menghadiri silaturrahmi dan syukuran tersebut, berikan apresiasi dan rasa syukur atas kepedulian majelis taklim dan perantau yang telah peduli terhadap anak yatim piatu dan keluarga kurang mampu sehingga kegiatan ini berjalan secara berkesinambungan hingga sudah memasuki edisi ke-20.

Menurut  Zuldafri kegiatan ini sangat membantu pemerintah daerah khususnya masyarakat nagari Taluk dan nagari Tigo Jangko  dan terimakasih juga kepada perantau yang telah membantu meringankan beban pemerintah daerah.

"Ke depan pemerintah daerah tetap komit terhadap kualitas pendidikan, tidak ada istilah anak Tanah Datar putus sekolah, gara-gara tidak ada biaya, ini akan kita upayakan dengan berbagai cara,"tegas wabup.

Wabup juga berharap, mari tingkatkan terus semangat gotong royong, jalin komunikasi yang harmonis dengan perantau, sehingga Tanah Datar ke depan akan lebih baik lagi dan kepada anak yatim wabup berpesan, untuk meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT seraya mendo’akan para dermawan agar diberi kelapangan rezeki.

pada kesempatan tersebut Wabup Zuldafri serahkan langsung paket seragam sekolah dan santunan kepada anak yatim.

Turut hadir pada acara syukuran dan silaturrahmi tersebut, Camat Lintau Buo Agusril, Forkopimca, Ketua BKMT Tanah Datar H. Maswardi, Walinagari Talukm Tokoh Masyarakat dan Perantau serta tamu undangan lainnya. (humas/eri)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Informasi Wisata
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id