Berita

LAYANAN 00.00 NAGARI BATU TABA JUARAI SINOVA LAYANI MENTARI

Jumat, 27 Desember 2019 | 11:01 WIB | Seputar Kecamatan
LAYANAN 00.00 NAGARI BATU TABA JUARAI SINOVA LAYANI MENTARI

Guna meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik kepada masyarakat, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar semenjak tahun 2016 lalu telah melakukan pembinaan, evaluasi serta penilaian pemenuhan standar pelayanan pada OPD didampingi Ombudsman RI Perwakilan Sumbar selaku badan pengawasan terhadap pelayanan publik.

Ini disampaikan Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi pada acara penyerahan piagam penghargaan tingkat kepatuhan tinggi dan rapor pemenuhan komponen standar pelayanan publik bagi OPD dan Pemerintah Nagari tahun 2019 serta pengumuman pemenang kompetisi Inovasi pelayanan publik pemerintah nagari (Si Nova Layani Mentari) di Kantor Wali Nagari Batu Taba Kecamatan Batipuh Selatan, Kamis (26/12/2019).

“Pada 2016 lalu, baru 8 OPD di tingkat kepatuhan tinggi, 7 tingkat kepatuhan sedang dan 24 lainnya masih tingkat kepatuhan rendah. Alhamdulillah di tahun 2019 ini sudah menjadi 24 OPD pada tingkat kepatuhan tinggi, tingkat kepatuhan sedang dan 9 tingkat kepatuhan rendah, tentu ini sudah beranjak lebih baik, namun tentunya harus lebih ditingkatkan lagi, sehingga di akhir 2020 nanti semua OPD sudah berada pada tingkat kepatuhan tinggi,” ujar Bupati Irdinansyah.

Sementara itu, tambah Bupati, perkembangan perhatian pemerintah nagari untuk meningkatkan pelayanan publik bagi masyarakatnya juga menunjukkan progres yang cukup menggembirakan. “Pembinaan dan penilaian untuk Pemerintah Nagari dimulai tahun 2018 lalu dengan melibatkan 26 pemerintah nagari dengan hasil 5 nagari pada tingkat kepatuhan tinggi, 3 tingkat kepatuhan sedang dan 18 tingkat kepatuhan rendah. Dan di 2019 ini, menjadi 16 nagari tingkat kepatuhan tinggi, 9 kepatuhan sedang dan 15 kepatuhan rendah dari 40 Pemerintah Nagari yang mewakili 14 Kecamatan di Tanah Datar, dan seperti OPD maka Saya berharap di akhir 2020 semua nagari bisa mencapai tingkat kepatuhan tinggi,” harapnya.

Ke depan, ujar Bupati lagi, sebagai bentuk motivasi agar pemerintah nagari mampu dan mau melahirkan inovasi dalam peningkatan pelayanan publik kepada masyarakat, tahun depan akan kita berikan reward. “Motivasinya berbentuk anggaran khusus bagi nagari yang juara hari ini Rp.50 juta bagi juara 1, Rp.30 juta juara 2 dan Rp.20 juta juara 3. Reward ini nantinya akan dipergunakan hanya untuk peningkatan mutu pelayanan publik di pemerintahan nagari itu. Insya Allah akan kita anggarkan pada APBD Perubahan 2020,” sampai Irdinansyah.

Di akhir sambutannya Bupati Irdinansyah menyampaikan selamat kepada yang menjadi terbaik dan mempertahankannya, kepada yang belum diharapkan sharing atau mencari informasi untuk lebih baik lagi di masa datang. “Selamat atas prestasi ini, namun tujuan akhir program ini adalah terwujudnya pelayanan publik kepada masyarakat lebih baik lagi agar masyarakat dari seluruh lapisan bisa terlayani dengan baik,” tukasnya.

Sebelumnya Ketua Pelaksana Adriyanti Rustam yang juga menjabat Kabag Organisasi Setda Tanah Datar menyampaikan, pelaksanaan kegiatan ini sebagai bentuk membangun kesadaran kolektif akan pentingnya pelayanan publik yang berkualitas di semua lini pemerintahan. “Setiap OPD dan Pemerintah Nagari memiliki standar pelayanan yang optimal, kemudian dijustifikasi dengan hasil rapor yang terbagi 3 tingkatan, hijau untuk kepatuhan tingkat tinggi, kuning kepatuhan sedang dan merah untuk kepatuhan rendah. Ini hasil penilaian dan pembinaan yang dilaksanakan di awal sampai akhir tahun 2019 ini,” ujarnya.

Untuk pelaksanaan Si Nova Layani Mentari, Adriyanti menyampaikan, kompetisi inovasi dilaksanakan berdasarkan proposal yang masuk ke tim penyelenggara. “Ada 18 proposal yang sampai ke tim penyelenggara, setelah dievaluasi ada 4 yang layak divisitasi untuk di nilai dan akhirnya menetapkan 3 terbaik. Dan Insya Allah penghargaan akan diserahkan Bapak Bupati dan rombongan nantinya,” katanya.

Sementara itu Kepala Ombusdman RI Perwakilan Wilayah Sumbar diwakili Asisten Ombudsman Adel Wahidi menyampaikan apresiasi atas program yang dilaksanakan di Tanah Datar. “Memang dalam peningkatan pelayanan publik, setelah diamati dan didukung oleh Ombudsman semenjak beberapa tahun lalu, Tanah Datar sudah semakin baik, ini bisa dilihat dari progres OPD yang semakin sadar dan memiliki tingkat kepatuhan tinggi. Dan lebih membahagiakan lagi, Tanah Datar sudah menuju peningkatan pelayanan publik untuk pemerintahan nagari,” sampainya.

Tentunya juga, tambah Adel, ke depan dengan semakin baiknya tingkat kepatuhan dalam pelayanan publik, semua masyarakat semakin terlayani nantinya. “Selain pada OPD, Pemerintah Nagari sebagai pemerintahan terdepan, harus mampu memberikan dan melahirkan inovasi untuk peningkatan pelayanan terhadap kebutuhan masyarakatnya, terutama peningkatan kenyamanan, kemudahan dan ketepatan serta kepastian waktu penyelesaian sebuah urusan,” tukas Adel.

Di kesempatan lainnya, Wali Nagari Batu Taba Destrianto selaku tuan rumah serta yang raih 2 peringkat 1 di dua kategori menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan semua pihak atas inovasi yang dilaksanakan di daerahnya. “Pemerintahan Nagari Batu Taba melahirkan inovasi yang diberi nama Layanan 00.00, di mana Pemerintahan Nagari memberikan tambahan waktu layanan pada pukul 20.00 WIB sampai 24.00 WIB kepada masyarakat yang butuh layanan. Semuanya kami laksanakan di kantor Wali Nagari, dan Alhamdulillah semua berjalan cukup baik walau ada hambatan, namun yang penting masyarakat kami memang terbantu untuk memperoleh layanan publik yang mereka perlukan,” ungkapnya.

Adapun pemuncak penghargaan pelayanan publik adalah Pertama, Piagam Penghargaan Predikat Kepatuhan Tinggi kepada 3 (tiga) Perangkat Daerah yaitu, Terbaik 1 diraih RSUD M. Ali Hanafiah Batusangkar dengan Nilai 100, terbaik 2 diraih Kecamatan Pariangan dengan Nilai 99,7 dan terbaik 3 diraih Dinas PMPTSPNAKER dengan Nilai 99,3.

Untuk Piagam Penghargaan Predikat Kepatuhan Tinggi kepada 3 (tiga) Pemerintah Nagari, terbaik 1 diraih Nagari Batu Taba dengan Nilai 100, terbaik 2 diraih Nagari Simpuruik dengan Nilai 99,4, dan terbaik 3 diraih Nagari Sumanik dengan Nilai 99.

Sementara untuk Piagam Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik Pemerintah Nagari, yaitu terbaik 1 diraih Nagari Batu Taba dengan Inovasi "LAYANAN 00.00" (memberikan layanan kepada masyarakat di luar jam reguler, pukul 20.00 WIB sampai 24.WIB), terbaik 2 diraih Nagari Simpuruik dengan Inovasi "FORLAMANSI" (Informasi Pelayanan Administrasi Nagari Simpuruik), dan terbaik 3 diraih Nagari Kumango dengan Inovasi Silat KUMANGO (Sistem Pelayanan Antar Jemput Ke Rumah Masyarakat Nagari Kumango). (Humas-rilis/dvd)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Informasi Wisata
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id