Berita

SILATURAHMI IKTDP PALEMBANG, BUPATI IRDINANSYAH PAPARKAN PEMBANGUNAN DAERAH

Minggu, 05 Januari 2020 | 10:32 WIB | Umum
SILATURAHMI IKTDP PALEMBANG, BUPATI IRDINANSYAH PAPARKAN PEMBANGUNAN DAERAH

Keberlangsungan pembangunan tidak cukup mengandalkan pemerintah semata tetapi membutuhkan kontribusi unsur lain. Sinergitas berbagai unsur tersebut yang membuat pembangunan bisa terlaksana lebih baik.

Salah satu unsur tersebut yaitu peran dan kontribusi perantau terhadap pembangunan kampung halaman. Ini diakui punya peran yang sangat besar untuk kemajuan daerah, bahkan bisa dikatakan perantau atau sering disebut diaspora ini merupakan pilar pembangunan.

Hal ini yang kembali ditegaskan Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi saat silaturahmi dengan Ikatan Keluarga Tanah Datar dan Padang Panjang (IKTDP) Palembang di Balai Basamo IKTDP Palembang, Sabtu (4/1/2020).

Silaturahmi ini sangat penting sebut bupati di depan tokoh-tokoh perantau, selain untuk membangun jembatan hati pemerintah daerah dengan warganya di perantauan juga menyampaikan informasi pembangunan yang sudah dilaksanakan pemerintah daerah.

"Di awal pemerintahan kami bersama Bapak Zuldafri Darma, menyikapi potensi dan kondisi Tanah Datar, kita menampung masukan dan pemikiran-pemikiran untuk membangun dari berbagai pihak termasuk dari perantau yang dituangkan ke dalam RPJMD. Saat ini akan memasuki tahun ke-4, sudah tepat kiranya kami melaporkan kepada perantau apa-apa yang sudah dilaksanakan," terang bupati.

Bupati jelaskan untuk mewujudkan visi Tanah Datar yang madani, berbudaya dan sejahtera dalam nilai-nilai ABS-SBK, pemerintah daerah menetapkan 5 program prioritas yaitu peningkatan kualitas SDM, peningkatan sektor pertanian, peningkatan pariwisata, peningkatan infrastruktur dan peningkatan pelayanan publik.

"Mengingat keterbatasan keuangan daerah, selain melahirkan inovasi-inovasi, pemerintah daerah harus menjemput bola ke provinsi dan pusat mencari peluang-peluang pembiayaan pembangunan, dan alhamdulillah kita mendapat perhatian untuk membenahi infrastruktur yang dimiliki seperti rehab puskesmas, pasar nagari, Pasar Batusangkar, RSUD M. Ali Hanafiah dan masih banyak yang lainnya," ulas bupati.

Di bidang non fisik, pemerintah daerah mengedapankan pembangunan SDM salah satunya melalui pemerataan kualitas pelayanan pendidikan dan menggalakkan program kabupaten tahfiz.   

Bupati sampaikan pelaksanaan pembangunan itu tidak semata dilakukan oleh pemerintah tetapi bersinergi dan bersifat partisipatif berbagi pihak termasuk masyarakat di kampung halaman dan rantau.

"Alhamdulillah apa yang sudah dilaksanakan, dihargai pemerintah pusat dan provinsi dengan memberi penghargaan di berbagai bidang dan yang paling fenomenal, Tanah Datar dinobatkan sebagai kabupaten terbaik di Indonesia dalam pembangunan dengan penilaian tidak semata dokumen perencanaan tetapi perbaikan indikator-indikator pembangunan," ucapnya lagi.

Selain itu sebut bupati, buah pembinaan program tahfiz yang didukung penuh masyarakat, mengantarkan Tanah Datar untuk pertama kalinya dalam sejarah menjadi Juara Umum MTQ Nasional tingkat Sumatera Barat.   

"Atas nama pemerintah daerah, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi dukungan perantau dalam membangunan kampung halaman, semoga sinergitas ini terus dipertahankan dan yang sudah dijalankan tentunya belum tentu sempurna, masih banyak PR-PR yang dikerjakan, tentunya butuh proses mengatasinya dan butuh dukungan bersama" harap bupati.

Sementara Ketua IKTDP Palembang H. Jhon Hendry menyambut baik silaturahmi ini untuk menguatkan sinergi pemerintah daerah dan rantau.

"Kami sangat berbesar hati bisa bertemu dan bersilaturahmi dengan Bapak Bupati, ibarat kata mamak kanduang datang manyilau anak kamanakan di rantau yang kira-kira kami di sini lebih kurang 2.500 orang, ini potensi yang besar turut berkontribusi dan kami selalu memantau kondisi dan perkembangan kampung halaman apalagi saat ini sudah sangat gampang dengan majunya teknologi informasi," terang Jhon yangbaru terpilih sebagai Ketua IKTDP Palembang periode 2019-2023 ini dan akan dikukuhkan bersama pengurus lain bulan depan.

Senada dengan itu Ketua Badan Komunikasi Keluarga Minang (BKKM) Sumsel H. Nofrizon mengapresiasi perantau Tanah Datar yang dinilai cukup maju dan kompak. "Di Sumsel ini, kita punya seluruh perwakilan IKM kabupaten/kota se-Sumatera Barat dan Insya Allah kami kompak semua termasuk warga Tanah Datar yang banyak berhasil dan punya kontribusi besar di Palembang ini," terangnya.

"Prinsip dima bumi di pijak di situ langit dijunjung tertanam dengan baik dan perhatian terhadap kampung halaman juga tidak terabaikan," tutupnya.

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Informasi Wisata
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id