Berita

TERTARIK PESONA TANAH DATAR, GORDON RAMSAY GANDENG NATIONAL GEOGRAPHIC CHANNEL..

Rabu, 15 Januari 2020 | 15:28 WIB | Seremonial
TERTARIK PESONA TANAH DATAR, GORDON RAMSAY GANDENG NATIONAL GEOGRAPHIC CHANNEL BUAT FILM DOKUMENTER

Keunikan adat, budaya tradisi mapun kuliner tradisional Luhak Nan Tuo Tanah Datar memang menjadi daya tarik tersendiri bagi semua kalangan tidak hanya di Indonesia namun hingga manca negara.

Keunikan dan kekhasan tersebut terus dijaga dan dilestarikan oleh masyarakat setempat. Begitu juga dengan pemerintah daerahnya yang selalu berupaya mengangkat dan mempromosikan ke dalam berbagai event, salah satunya Festival Pesona Minangkabau yang sebelumnya dikenal Festival Pesona Budaya Minangkabau dan Festival Pagaruyung.

Upaya-upaya tersebut ternyata membuahkan berbagai Rekor MURI, seperti pada tahun 2017, rekor MURI arakan 1.111 jamba atau berbagai makanan di dalam nampan yang ditutupi tudung saji dan diberi kain penutup dari beludru (dalamak).

Pada tahun 2018 rekor MURI minum kawan daun terbanyak dengan tempurung (batok) kelapa sebanyak 4.000 tempurung. Dan rekor MURI pemain talempong pacik hampir 2000 pemain di tahun 2019.

Event-event yang digelar pemkab ini selain untuk melestarikan adat budaya juga memperkenalkan ke dunia bahwa Tanah Datar sebagai pusat adat di Minangkabau atau pusek jalo pumpunan ikan.

Salah satu juru masak selebriti International dan juga pengusaha restaurant yang dikenal melalui acara televisinya "Hell's Kitchen", "The F Word", "Kitchen Nightmares" dan "MasterChef" Gordon Ramsay (Britania Raya) bakal menggandeng National Geographic Channel untuk mendokumenterkan keunikan Tanah Datar tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Tanah Datar Abdul Hakim didamping Kabid Ekraf Ardiwan membenarkan jika akan datang Gordon Ramsay beserta 30 orang crew televisi international National Geographic Channel (America dan Newzeland) ke Tanah Datar untuk membuat film dokumenter keunikan budaya dan kuliner tradisional Luhak Nan Tuo dan Minangkabau.

"Keunikan Tanah Datar akan didokumentasikan melalui film dokumenter oleh televisi international National Geographic Channel, dua hari jadwal pengambilan gambar yaitu tanggal 19 Januari shooting arakan dan makan bajamba di Istano Basa Pagaruyung, tanggal 20 Januari shooting pacu jawi di Nagari Sungai Jambu," ucapnya ketika rapat persiapan di Ruang Rapat Sekretaris Daerah, Selasa (14/01).

Lebih lanjut katanya kegiatan yang juga difasilitasi dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat ini juga akan menghadirkan pakar kuliner Indonesia dan menguasai seni masakan Eropa dan Asia William Wongso, Gubernur Irwan Prayitno beserta isteri dan Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi beserta isteri pada waktu pengambilan gambar, terutama saat prosesi makan bajamba tersebut.

"Proses shooting makan bajamba dilakukan di atas rumah gadang Istano Basa Pagaruyung yang diawali arakan jamba dan prosesi petatah petitih. Gubernur, Bupati, William Wongso dan Gordon Ramsay duduk dalam satu jamba," ucapnya.

Untuk shooting pacu jawi dikatakan kadis, yang akan menjadi jokinya akan turut Gordon Ramsay bersama joki-joki lain.

Pada kesempatan yang sama Kabid Ekraf Dinas Pariwisata Sumbar Derliati  mengharapkan kegiatan shooting selama dua hari tersebut benar-benar menampilkan kekhasan daerah mulai dari pakaian, tata cara tradisi pada saat prosesi makan bajamba hingga memunculkan kuliner tradisional dan khas Tanah Datar pada saat shooting pacu jawi.

"Kita mempromosikan daerah Luhak Nan Tuo Tanah Datar, jadi munculkan hal yang spesifik, begitu juga pada saat pacu jawi, ada masyarakat yang menjual makanan tradisional di sekitar arena," ucapnya.

Sementara itu Asisten Ekonomi dan Pembangunan Edi Susanto mengingatkan untuk memunculkan etnik daerah seperti pakaian untuk pimpinan daerah memakai pakaian Damang, pejabat daerah taluak balango, pakaian bundo kanduang serta pakaian adat lainnya yang mencirikan Tanah Datar Luhak Nan Tuo. (Humas-Irfan F)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Informasi Wisata
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id