Berita

DIRESMIKAN WABUP ZULDAFRI, 65 KK MASYARAKAT SUNGAI UNGKANG NAGARI SABU NIKMATI..

Jumat, 17 Januari 2020 | 10:36 WIB | Seputar Kecamatan
DIRESMIKAN WABUP ZULDAFRI, 65 KK MASYARAKAT SUNGAI UNGKANG NAGARI SABU NIKMATI AIR BERSIH PAMSIMAS

Penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) merupakan program nasional dalam penyediaan air minum dan sanitasi yang menyentuh langsung masyarakat dengan dukungan dana dari pemerintah pusat, pemerintah daerah dan kontribusi masyarakat.

Di Jorong Sungai Ungkang Nagari Sabu Kecamatan Batipuh Kabupaten Tanah Datar dari program Pamsimas III ini sebanyak 65 kepala keluarga (KK) bersyukur, pasalnya rumah mereka sudah dialiri air bersih.

Wakil Bupati Tanah Datar H. Zuldafri Darma, SH, Kamis siang (16/01) ketika peresmian dan serah terima Program Pamsimas III di Jorong Sungai Ungkang Nagari Sabu itu mengatakan jika pemerintah daerah sangat memahami dan menaruh perhatian serta minat yang sungguh-sungguh terhadap program penyedian air minum dan sanitasi berbasis masyarakat tersebut.

"Kita menyadari betapa pentingnya air minum atau air bersih dan sanitasi untuk kesehatan individu dan masyarakat di Kabupaten Tanah Datar. Bagi yang tidak menggunakan air bersih dan tidak memperhatikan sanitasi dalam kehidupan sehari-hari tentu akan mengalami banyak gangguan kesehatan, karena bibit penyakit masuk ke dalam tubuh melalui media air minum dan kondisi sanitasi sekitar yang tidak bersih," ucap wabup.

Pada kesempatan tersebut Wabup Zuldafri minta masyarakat tidak lagi memanfaatkan sarana air bersih atau Daerah Aliran Sungai (DAS) untuk membuang kotoran (BAB) ataupun sampah, karena sungai masih banyak dibutuhkan masyarakat untuk kebutuhan air bersih seperti mandi dan mencuci.

Wabup berharap kedepannya Kelompok Pengelola Sarana System Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (KP-SPAMS) yang dipilih masyarakat di SK- kan oleh wali nagari sehingga dapat menjamin kesinambungan pelayanan dan pengembangan sarana sanitasi dan pengelolaannya dapat direncanakan seperti pemeliharaan yang berkelanjutan.

"Dengan telah dibangunnya Pamsimas III ini mari kita kelola dan operasikan dengan baik, rawat dan pelihara karena kebutuhan ini tidak hanya disini, masih banyak daerah lain di Tanah Datar yang membutuhkan sarana dan sanitasi air bersih,"ulas Wabup.

Sebelumnya Wali Jorong Sungai Ungkang D.Sutan Nagari dalam ekspos nya menyampaikan jika pihak jorong sebelumnya sudah dua kali menolak program pamsimas ini, karena menurutnya program ini mustahil dilaksanakan mengingat sumber mata air yang jauh lebih rendah dari permukiman masyarakat.

Namun berkat besarnya keinginan masyarakat akan kebutuhan air bersih dan upaya-upaya dari pengelola pamsimas maka saat ini 65 KK sudah dialiri air bersih.

D. Sutan Nagari berharap bagi warga yang belum mendapatkan sarana air bersih agar dapat menghubungi pengurus dan minta warga agar bijak dalam pemakaian air dan merawat secara bersama-sama agar sanitasi maupun sumber mata air dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Wali Nagari Sabu Omrizal Dt. Sudono usai serah terima dengan pemerintah daerah menyampaikan ucapan terima kasih atas serah terima sekaligus peresmian pemakaian sanitasi melalui program Pamsimas III tersebut, dan berharap untuk memanfaatkan dengan sebaik-baiknya mengingat sanitasi ini sistim pompa dengan tenaga listrik jadi ada biaya untuk pengoperasian dan perawatannya. (Humas-Irfan F)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Informasi Wisata
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id