Berita

PENGURUS KAN SINGGALANG DIRESMIKAN, WABUP ZULDAFRI HARAPKAN EKSISTENSI NINIK..

Sabtu, 18 Januari 2020 | 17:52 WIB | Seputar Kecamatan
PENGURUS KAN SINGGALANG DIRESMIKAN, WABUP ZULDAFRI HARAPKAN EKSISTENSI NINIK MAMAK

Ninik mamak sebagai pemangku adat di Minanangkabau tidak bisa dipungkiri mempunyai peran sangat penting mendukung pencapaian visi misi pemerintah daerah.

"Organisasi pemerintahan daerah tidak akan bisa menjalankan tugasnya mencapai visi misi pembangunan yang dilandasi Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah tanpa didukung ninik mamak," sampai Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma dalam sambutan peresmian kepengurusan Kerapatan Adat Nagari Singggalang X Koto di Balai Adat setempat, Sabtu (18/1/2020).

Lebih lanjut di depan 48 ninik mamak dan tokoh masyarakat, Wabup mengatakan peran dan eksistensi ninik mamak sebagai benteng dan pelindung adat dan budaya Minangkabau harus semakin diperkuat.

Dikatakannya tungku tigo sajarangan, tali tigo sapilin antara ninik mamak, alim ulama dan cadiak pandai harus bersatu, apalagi misi pertama pembangunan daerah adalah peningkatan pemahaman dan pengamalan agama, adat dan budaya.

"Melihat tantangan yang semakin berat, ke depan antara agama, adat dan budaya harus mendapat porsi perhatian yang sama dari pemerintah daerah," ungkap wabup.

Wabup katakan adalah tugas bersama menjadikan adat dan budaya Minangkabau sesuatu yang menarik bagi generasi muda. 

"Generasi muda harus ditanamkan nilai adat dan budaya selain nilai-nilai agama, bisa dibayangkan 15 atau 20 tahun mendatang, anak kemenakan tidak mengerti dengan adat dan budayanya sendiri, lunturlah luhak nan tuo ini, habislah Minangkabau, dan kita semua berharap ini tidak terjadi," sampainya.

Contoh sederhana saja ucap wabup, anak kemenakan harus diajarkan nilai adat dan budaya, apa itu filosofi sawah ba pamatang ladang ba bintalak, semua itu ada aturan mainnya.

Di kesempatan itu wabup juga menyampaikan selamat kepada pengurus KAN Singgalang periode 2019-2024 dengan Ketua Dt Pangulu Basa Nan Bagirikgirik Ameh sekaligus apresiasi masyarakat Nagari Singgalang membangun Balai Adat dengan secara swadaya dengan biaya lebih kurang Rp. 4 Miliar.

Turut hadir Anggota DPRD Tanah Datar Afrizal Dt. Rajo Lenggang, Dedi Irawan, Camat X Koto Khairunnas, Forkompinca, Ketua LKAAM Tanah Datar dan Ketua KAN se-Kecamatan X Koto. (Humas)

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Informasi Wisata
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id