Berita

REALISASIKAN SKALA PRIORITAS, WABUP ZULDAFRI MINTA NAGARI LEBIH PRO AKTIF

Senin, 27 Januari 2020 | 22:24 WIB | Seputar Kecamatan
foto

Dalam merencanakan suatu kegiatan pembangunan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat harus ada skala prioritas kebutuhan yang seimbang dengan pemanfaatan untuk meraih hasil yang maksimal.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, saat menghadiri Musrenbang Nagari Gurun Kecamatan Sungai Tarab, Senin (27/1) di aula kantor tersebut didampingi Tim II Musrenbang Nagari yang diiketuai Staf Ahli Bupati dr. Ermon  Revlin bersama pimpinan OPD lainnya.

Zuldafri sampaikan, Musrenbang adalah tahap awal upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat yang nantinya berujung pada pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Melalui  Musrenbang Nagari tentu banyak permasalahan yang nantinya menjadi prioritas kegiatan di tahun anggaran 2021.

Wabup  mengharapkan, untuk lebih dulu mengutamakan  prioritas kegiatan paling dibutuhkan masyarakat pada saat ini dan jelas pemanfaatan secara maksimal.

Wabup tambahkan, untuk mencapai semua itu diharapkan pihak nagari lebih proaktif dengan meningkatkan koodinasi dengan anggota DPRD dan perangkat daerah.

Sementara itu Walinagari Gurun Hanisben sampaikan paparan yang telah disepakati dari masing-masing jorong yang akan dijadikan program prioritas di mana ada tiga bidang program prioritas Rencana Kerja Pembangunan (RKP) Nagari Gurun Kecamatan Sungai Tarab untuk tahun 2021 dengan memanfaatkan dana APB Nagari, APBD Kabupaten serta anggaran bantuan lainnya yang sah menurut aturan dan peraturan perundang-undangan

Tiga program tersebut, sampai Hanisben pertama bidang Fisik Sarana dan Prasarana yaitu perbaikan bandar jalan raya dari Tabek Boto ke Palo Koto, perbaikan jembatan dan rabat beton, kedua bidang pemerintahan dan sosial budaya  yaitu pembangunan rehab gedung SDN 26 Gurun, pengadaan mobilre SDN se-kenagarian Gurun dan bidang ekonomi yaitu pengadaan modal usaha simpan pinjam petani, pengadaan bibit tanaman palawija dan ternak  sapi, ayam dan kambing.

Pada kesempatan tersebut Hanisben juga sampaikan harapan masyarakat dalam waktu dekat ini untuk pendaman lapangan volly karena longsoran sellau menutupi badan jalan kabuapten dari Gurun menuju Sungai Tarab.

Sementara itu salah seorang anggota DPRD Tanah Datar Benny Apero mewakili  anggota yang hadir lainnya, menyampaikan sudut pandang DPRD terhadap  prioritas pembangunan Nagari yang dibiayai APBD. "Nagari agar memperhatikan jalur perencanaan program pembangunan yang ingin dilaksanakan, dimulai dari musrenbang nagari, musrenbang kecamatan, musrenbang kabupaten dan selalu lakukan koordinasi," sampai Benny.

Benny juga tambahkan mengatakan pembanguan tidak hanya diprioritaskan untuk pembanguan fisik, akan tetapi juga meliputi pembangunan karakter masyarakat dan upayakan yang langsung berdampak manfaatnya untuk kesejahteraan masyarakat.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Anggota DPRD Tanah Datar Dapil II, Nurhamdi Zahari, Yalpema Jurin, Azwar Rabain, Camat Sungai Tarab Afrizal dan Forkopimca, Walinagari se-Kecamatan Sungai Tarab, tokoh masyarakat, kepala sekolah SD, SMP dan SMA se-Kecamatan Sungai Tarab. (humas/eri)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Informasi Wisata
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id