Berita

MUSRENBANG NAGARI GUNUANG RAJO, MASYARAKAT HARAPKAN AIR BERSIH

Kamis, 30 Januari 2020 | 07:52 WIB | Seremonial
MUSRENBANG NAGARI GUNUANG RAJO, MASYARAKAT HARAPKAN AIR BERSIH

Pelaksanaan musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) untuk menjawab permasalahan masyarakat dengan mencarikan solusi melalui program dan kegiatan pembangunan. Termasuk Musrenbang  Nagari Gunuang Rajo Kecamatan Batipuh yang dilaksanakan pada Rabu (29/1) di Gedung SDN 09 Gunuang Rajo. Selain merencanakan pembangunan masyarakat juga sangat mengharapkan sumber air bersih.

Pj Wali Nagari Gunuang Rajo Ramon Sastra sampaikan kegiatan musrenbang yang dilaksanakan tahun ini adalah perencanaan pembangunan fisik maupun non fisik untuk tahun anggaran 2021 mendatang. 

Musrenbang menyepakati  prioritas Rencana Kerja Pembangunan (RKP) Nagari Gunuang Rajo untuk tahun 2021 dengan memanfaatkan dana APB Nagari, APBD Kabupaten serta anggaran bantuan lainnya yang sah menurut aturan dan peraturan perundang-undangan.

Ramon tambahkan, yang lebih mendesak saat ini adalah air bersih yang dikeluhkan masyarakat di jorong Gantiang, selain itu masyarakat juga kesulitan mendapatkan pupuk dan BBM untuk operasional mesin bajak petani.

Musrenbang yang dihadiri Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, Ketua DPRD Rony Mulyadi Dt Bungsu, Wakil Ketua Saidani bersama Anggota DPRD Dapil III, Tim Pendamping Musrenbang diketuai Kepala Baperlitbang Alfian Jamrah dan rombongan, Camat Arianto beserta Forkopinca, Walinagari se Kecaman Batipuh, Tokoh masyarakat, Kepala Sekolah dan lembaga unsur di nagari Gunuang Rajo.

Sementara itu Wakil Bupati Zuldafri Darma menanggapi sulitnya air bersih di jorong Gantiang, pemerintah daerah akan melakukan cek lapangan dan mencarikan solusi terbaik. 

Wabup tambahkan, untuk ketersediaan pupuk yang terbatas adalah kuota pupuk bersubsidi yang juga terjadi di seluruh kabupaten/kota di Sumatera Barat namun OPD terkait sudah mengajukan penambahan kuota ke provinsi.

Selanjutkan, untuk usulan masyarakat dengan prioritas yang sudah ditetapkan pada musrenbang nagari. Wabup harapkan, Musrenbang nagari ini dimunculkan berdasarkan kebutuhan masyarakat terhadap program pembangunan prioritas yang ingin dicapai berdaya guna dan berujung untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

Sementara, Ketua DPRD Rony Mulyadi Dt Bungsu, juga tambahkan selain mengharapkan pembangunan fisik masyarakat juga bisa memanfaatkan potensi yang ada di nagari. Sebagai contoh nagari Gunuang Rajo dikenal dengan penghasil buah durian, itu merupakan potensi tersendiri untuk meningkatkan perekonomian dengan membuat berbagai olahan durian seperti selai durian.

Untuk perencanaan pembangunan ke depannya, Rony harapkan seluruh kegiatan dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan dengan efektif dan efesien.

Wakil Ketua Saidani juga tambahkan, perencanaan pembangunan bukan hanya pelaksanaan akan tetapi manfaatnya juga dipikirkan. Begitu juga dengan potensi yang ada di nagari mari manfaatkan potensi yang ada agar dapat berdaya guna untuk kesejahteraan masyarakat.

Ketua Tim Pendamping Musrenbang Nagari Alfian Jamrah, juga ingatkan untuk perencanaan pembangunan ke depannya diharapkan sesuai dengan kebutuhan, yang lebih penting dari anggaran yang ada di nagari minimal 30% untuk pemberdayaan masyarakat.

"Dalam merancang pembangunan harus diutamakan peningkatan kualitas SDM, pengamalan agama, adat, dan budaya, pengentasan kemiskinan dan pengangguran, pengembangan pariwisata, pertanian, dan UMKM sebagai penggerak ekonomi daerah.

Dana nagari itu dapat digunakan untuk pemberdayaan seperti penyuluhan adat, budaya, agama, pendidikan, pelatihan home industri, keterampilan jahit menjahit," sampai Alfian. (humas/heri)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Informasi Wisata
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id