Berita

PERENCANAAN TAHUN 2021, KECAMATAN SUNGAI TARAB LAKSANAKAN MUSRENBANG

Selasa, 25 Februari 2020 | 08:16 WIB | Seputar Kecamatan
PERENCANAAN TAHUN 2021, KECAMATAN SUNGAI TARAB LAKSANAKAN MUSRENBANG

Suasana lingkungan kerja didukung gedung kantor yang nyaman adalah salah satu faktor penunjang produktifitas dalam bekerja. Hal itulah yang dicita-citakan Camat Sungai Tarab Afrizal melakukan perbaikan rehab terhadap bangunan gedung kantor yang berada tepat di pinggir jalan raya Batusangkar-Bukittinggi tersebut melalui usulan penganggaran.

Camat Afrizal mengatakan jika usulan rehab gedung kantor itu sudah masuk dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan. Hal itu disampaikannya ketika musrenbang Kecamatan Sungai Tarab, Senin (24/02) di halaman kantor camat setempat.

“Usulan rehab gedung kantor camat ini sudah masuk prioritas kegiatan tahun 2021 pada bidang pemerintahan dan sosial budaya di samping kegiatan lain yang juga masuk prioritas di Kecamatan Sungai Tarab,“ ucapnya.

Afrizal sampaikan prioritas pembangunan lain di bidang pemerintahan dan sosial budaya seperti lanjutan pembangunan Balai Adat Nagari Padang Laweh, pembangunan Kantor Wali Nagari Gurun, lanjutan pembangunan Kantor Wali Nagari Simpuruik, lanjutan pembangunan Kantor Wali Nagari Pasie Laweh, rehab ruangan belajar, pengadaan meubiler serta perlengkapan, rehab pagar, halaman, gedung dan perpustakaan di beberapa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di Kecamatan Sungai Tarab.

Rehab puskesmas, pustu, pembangunan polindes, pengadaan meubiler puskesmas, pengadaan ambulance puskesmas dan nagari, perbaikan rumah gadang, pelatihan keterampilan untuk masyarakat, dan pengadaan sarana dan prasarana olah raga.

Pada bidang fisik dan prasarana camat yang akrab disapa ayah ini menyebutkan, seperti pengerasan jalan simpang Kantor Wali Nagari Pasie Laweh-Parik, pengaspalan jalan Simpang Parigi-Cacang-Koto Gadang, lanjutan pengaspalan jalan Kelok Sarina-Ponpes Jabal Rahmah, rehab jalan Simpang Sitakuak-Simpang Potai, rehab jalan Sungai Leman-Sumaniak, rehab jalan raya Talang Tangah, dan pembangunan trotoar Simpang Asrama-Sijangek.

Prioritas di bidang ekonomi, disampaikan Afrizal seperti pengadaan mesin penggiling kopi Nagari Sungai Tarab, pengadaan mesin potong rumput untuk Kelompok Tani Padang Laweh, pengadaan mesin perontok jagung Nagari Kumango, pengadaan bibit unggul padi, cengkeh, casiavera, durian, pokat, jeruk, manggis, pisang dan pepaya, pembukaan jalan usaha tani, perbaikan irigasi, pengadaan ternak sapi, kerbau, kambing, ayam dan itik, pengadaan bibit dan pakan ikan, revitalisasi pasar nagari Sungai Tarab, Gurun dan Pasie Laweh.

Sementara kegiatan pembangunan yang masuk di Kecamatan Sungai Tarab tahun 2019 disampaikan Afrizal dengan total anggaran Rp.34 miliar lebih, yang paling besar di antaranya dibidang kesehatan sebesar Rp.9 miliar lebih, selanjutnya dana desa Rp.8 miliar lebih dan alokasi dana nagari Rp.7 miliar lebih.

Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra menyampaikan apresiasi dan puji camat Afrizal yang punya banyak inovasi, “Camat Afrizal punya banyak inovasi, selalu aktif turun ke masyarakat, dengan 10 nagari yang ada di Kecamatan Sungai Tarab tentu butuh waktu juga untuk mengunjunginya satu per satu, semoga pak camat kita ini dapat menjadi contoh bagi camat-camat lain,” ucapnya.

Terkait rencana rehab dan renovasi gedung kantor camat Sungai Tarab, Anton Yondra sangat mendukung dan berharap itu dapat terealisasi di tahun 2021, mengingat lokasi kantor yang berada dipinggir jalan raya juga sangat berdekatan dengan pasar Sungai Tarab.

Sebelumnya Sekretaris Camat Sungai Tarab Yessy Akmaliza menyampaikan jika musrenbang kecamatan ini sebelumnya juga telah diawali dengan pra musrenbang pada tanggal 20 Februari lalu dan juga dengan telah selesainya musrenbang di nagari-nagari.

Dikatakan Yessy musrenbang kecamatan ini juga bertujuan untuk membahas dan menyepakati rencana kegiatan pembangunan di nagari yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan Sungai Tarab.

“Pada musrenbang kecamatan ini kita juga menyepakati kegiatan prioritas yang belum tercakup dalam kegiatan pembangunan nagari, menyepakati pengelompokkan kegiatan prioritas berdasarkan tugas dan fungsi perangkat daerah kabupaten,” ucap Yessy.

Turut hadir pada saat musrenbang kecamatan tersebut, Tim Kabupaten, Anggota DPRD dapil IV, Forkopimca, kepala UPT dinas/instansi se Kecamatan Sungai Tarab, Wali Nagari se-Kecamatan Sungai Tarab dan undangan lainnya. (Humas-Irfan F)

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Informasi Wisata
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id