Berita

TAHAPAN PEMILIHAN WALI NAGARI SERENTAK DIMULAI

Rabu, 04 Maret 2020 | 11:42 WIB | Seremonial
foto

Guna mengisi kekosongan jabatan walinagari, pemerintah Kabupaten Tanah Datar akan menggelar pemilihan wali nagari (pilwana) serentak tahun 2020 ini.

Tahapan-tahapan persiapan pemilihan 21 wali nagari di 11 kecamatan sudah dimulai.

Hal ini disampaikan Sekretaris Dinas PMDPPKB D Yonasri saat acara penyerahan Daftar Pemilihan Sementara (DPS) kepada Panitia Pemilihan Wali Nagari (PPWN) di Aula setempat, Rabu (04/03/2020).

Dijelaskan D Yonasri, pelaksanan pilwana mengacu aturan-aturan yang sudah ditetapkan.

"Aturan yang kita acu adalah Perda Nomor 1/2017 tentang pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian wali nagari, Perbup nomor 23/2017 tentang pedoman pelaksanaan pemilihan wali nagari dalam kabupaten Tanah Datar serta perbup 4/2020 tentang jadwal, waktu dan tahapan pelaksanaan pemilihan wali nagari serentak," terang Yonasri didampingi Kabid Pemerintahan dan Keuangan Desa Miza Aziz dan Kasi Andri.

Lebih lanjut Yonasri berharap panitia kabupaten dan PPWN bisa menjalankan semua tahapan sesuai yang sudah ditetapkan pada perbup 4/2020 agar tidak menganggu jadwal selanjutnya.

"Terkait DPS yang diterima hari ini, PPWN agar melakukan pemutakhiran dan validasi sampai 31 Maret mendatang," ucap Yonasri.

Di acara yang dihadiri Camat da Pj. Wali Nagari yang akan melaksanakan pilwana, Yonasri juga menyampaikan tahapan pengumuman dan pendaftaran bakal calon wali nagari dimulai 5 s/d 17 maret 2020.

"Kita berharap pelaksanaan pilwana serentak tahun ini bisa berjalan dengan lancar, damai dan sukses, ini butuh kerja keras,  kerjasama dan dukungan semua pihak," ucapnya.

Disampaikan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara  pada 24 Juni 2020 mendatang.

Adapun 21 nagari yang akan melaksanakan pilwana serentak yaitu Singgalang, Tambangan, Koto Baru ( X Koto), Gunung Rajo, Batipuh Ateh, Batipuh Baruah, Andaleh, Bungo Tanjung (Batipuh), Guguak Malalo (Batipuh Selatan), Padang Magek, Simawang (Rambatan), Sungai Jambu (Pariangan), Koto Tangah, (Tanjung Emas), Buo (Lintau Buo), Batu Bulek, Balai Tangah, Tepi Selo (Lintau Buo Utara), Sungayang (Sungayang), Sungai Tarab, Simpurut (Sungai Tarab) dan Lawang Mandahiling (Salimpaung). (Humas/wn-dvd)

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Informasi Wisata
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id