Berita

SATU POSITIF TERPAPAR COVID-19, TIM GUGUS TUGAS TANAH DATAR LAKUKAN..

Jumat, 27 Maret 2020 | 16:28 WIB | Seremonial
POSITIF SATU TERPAPAR COVID-19, TIM GUGUS TUGAS TANAH DATAR LAKUKAN PENYEMPROTAN INTENSIF

Dinyatakan satu positif terpapar virus corona (Covid-19), warga Kabupaten Tanah Datar. Tim gugus tugas penanganan bencana non alam Covid-19 ini lakukan penyemprotan desinfektan secara intensif di berbagai area publik, pelayanan publik dan fasilitas umum, termasuk rumah dan area tempat tinggal satu kasus positif terpapar Covid-19.

Kepala Dinas Kominfo Tanah Datar Drs. Abrar yang juga tim gugus tugas ini menyatakan jika hari ini Jum'at (27/03/2020) dilaksanakan penyemprotan secara intensif dan terus mengedukasi masyarakat untuk berprilaku hidup bersih dan sehat, hindari kerumunan masa, menjaga jarak (social distancing).

"Hari ini kita intensifkan penyemprotan dengan tetap membagi tim ke tempat-tempat yang beresiko tinggi pemaparan Covid-19, termasuk rumah dan area sekitar perumahan korban yang dinyatakan positif ini," ucapnya.

Abrar sebutkan gugus tugas juga terus melakukan edukasi masyarakat di area publik seperti di Pasar Salimpaung Kecamatan Salimpaung, Pasar Jum'at Kecamatan Lintau Buo, Pasar Taratak Atar Kecamatan Padang Ganting dan beberapa tempat lainnya.

Terkait karantina mengisolasi kontak erat dengan satu kasus positif Covid-19, dikatakan Abrar gugus tugas sedang melakukan tracking dengan petugas medis mulai hari ini hingga esok.

"Terkait isolasi atau karantina tentu kita akan cari dan persiapkan tempat, dan kegiatan posko terus ditingkatkan dan beroperasi hingga malam, siang ini kita akan teleconference dengan Gubernur Sumatera Barat, Pimpinan Daerah, Forkopimda dan menghadirkan seluruh kepala OPD," tambah Abrar.

Dikatakan juga untuk kegiatan di posko gugus tugas terus ditingkat frekuensinya, kegiatan penyemprotan, edukasi masyarakat, himbauan, maupun tindakan medis.

"Masyarakat tetap tenang, tinggallah dirumah, biar kami yang bekerja, selalu menjaga jarak dan hindari kerumunan masa," tukasnya.

Terkait himbauan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tanah Datar tentang pelaksanaan ibadah Sholat Jum'at berjamaah di masjid saat ini tetap dilaksanakan dengan pembatasan-pembatasan.Bagi perantau yang baru pulang, masyarakat yang sedang flu atau demam diminta mengganti dengan Zuhur di rumah, sementara yang tidak sakit dan bukan perantau mengharuskan jemaah shalat Juat untuk membawa sendri sajadah masing-masing.

Dari data posko per pukul 15.00 WIB, ODP sebanyak 126 orang, PDP 3 orang, positif 1 orang dan meninggal nihil. (Irfan F/Heri S)

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Informasi Wisata
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id