Berita
Pengukuhan Penghulu

LIMA PENGHULU DAN SEBELAS KHATIB DILEWAKAN DI SUNGAI TARAB

Senin, 30 Desember 2013 | 08:43 WIB | Seputar Kecamatan
LIMA PENGHULU DAN SEBELAS KHATIB DILEWAKAN DI SUNGAI TARAB
Bupati Tanah Datar M.Shadiq Pasadigoe foto bersama pada acara malewakan gala 5 penghulu dan 11 khatib Suku Piliang Sani dan mandahiling nagari Sungai Tarab, Sabtu (28-12) di rumah gadang Dt.Marahbangso suku piliang sani Jorong Sungai Tarab.Humas

Bupati Tanah Datar M.Shadiq Pasadigoe menjelaskan, saya telah menempatkan ninik mamak pada tempat yang terhormat dan tidak pernah ikut campur dalam proses yang diputuskan ninik mamak, untuk itulah Kerapatan Adat Nagari (KAN) tidak ditetapkan Bupati dan KAN mengukuhkan dirinya sendiri.

Penegasan itu disampaikan Bupati Shadiq pada acara malewakan gala  5 penghulu dan 11 khatib Suku Piliang Sani dan mandahiling nagari Sungai Tarab, Sabtu (28-12) di rumah gadang Dt.Marahbangso  suku piliang sani Jorong Sungai Tarab. Pada kesempatan itu hadir Ketua LKAAM Tanah Datar Irsal Veri Idrus Dt.Lelo Sampono, Muspida Tanah Datar, Camat dan Muspika Sungai Tarab, Kepala Budparpora marwan dan undangan lainnya.

Menurut Bupati, kalau KAN di SK kan dan dilantik Bupati, maka ninik mamak itu bisa dikendalikan Bupati dan mungkin saja bisa digunakan untuk kepentingan politik, kalau itu yang terjadi maka peranan KAN dan ninik mamak itu tentu tidak mandiri lagi dan bisa dikendalikan kepala daerah.  Untuk itulah KAN mengukuhkan dirinya sendiri dan diharapkan keberadaan KAN itu benar-benar dapat menyelesaikan permasaalahan yang terjadi pada anak kemenakan dan jangan sampai permasalahan itu sampai keranah hukum.

Bupati Shadiq mengharapkan ninik mamak bersama KAN di Sungai Tarab ini diharapkan menjadi contoh bagi nagari lain di Tanah Datar karena nagari Sungai Tarab sudah dikenal sejak masa penjajahan dulu dan Angku Titah Basa Ampek balai kerajaan pagaruyung  juga berkedudukan di Sungai Tarab.  Pengukuhan penghulu yang berlangsung kali ini berjalan dengan lancar, itu menandakan ninik mamak Sungai Tarab sudah lebih maju dari nagari lain.

Kedepan Bupati Shadiq mengharapkan kepada LKAAM Tanah Datar agar dapat membuat dan menetapkan prosedur pengangkatan penghulu agar prosedur tetap itu dapat dipedomani oleh setiap nagari.  Saat ini masih banyak terjadi permasalahan dalam pengangkatan penghulu, kalau bermasalah maka saya tidak akan hadir dalam pengukuhannya, ulas Shadiq.

Kepada Wali Nagari, KAN dan masyarakat Sungai Tarab diharapkan selalu membenahi pasar sungai tarab, karena pasar batusangkar tidak mungkin lagi untuk dikembangkan, maka pasar disekitar batusangkar diharapkan menjadi pasar satelit penunjang pasar batusangkar.  Saat ini sudah dilakukan pembangunan toko dan kios sadaya masyarakat. Ini suatu langkah maju dan terus benahi yang masih kurang, sehingga pasar satelit ini akan semakin ramai dan ekonomi masyarakat diharapkan juga akan meningkat.

Ketua LKAAM Irsal Veri Idrus Dt.Lelo Sampono menjelaskan, KAN bukanlah bawahan LKAAM, untuk itu KAN harus proaktif dalam meningkatkan SDM ninik mamak di nagari, LKAAM siap datang apabila diundang untuk memberikan pembekalan kepada ninik mamak di nagari.

Ketua Panitia HS.Dt.Marahbangso melaporkan, lima penghulu yang dilantik itu adalah Dedi Elfian gelar Dt.Marah bangso, Erpendi gelar Dt.Bangso Kayo,  Noviandri gelar Dt. Bangso Dirajo, ketiganya dari suku Piliang Sani, kemudian H.Zainal Abidin gelar Dt.Marajo, dan Amiruddin K gelar Dt.Mangkhudum Sati dari persukuan Mandahiling. 

Sedangkan 11 Khatib masing-masing H.Elvis gelar Khatib Sutan, Klevin Fernando gelar Khatib Intan Batuah, Artos Taufiq gelar Khatib Mudo, Zubirman gelar Khatib Sampono Kayo, Zulhamzah gelar Khatib Marajo, Febri Yoli gelar bergelar Khatib Majo Bangso, Desfi Yendri gelar Khatib Majo Kayo ini khatib dari pasukuan Piliang Sani.   Sementara dari pasukuan Mandahiliang terdiri dari Beni Afero gelar Khatib Marajo, Desrimal gelar Khatib Mangkhudum Sati, dan Muhammad Nur gelar Khatib Barahim. (Humas/D)

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id