Berita

TERKAIT PERPANJANG MASA PSBB, GUBERNUR SUMBAR MINTA MASUKAN

Rabu, 27 Mei 2020 | 14:56 WIB | Lintas SKPD
TERKAIT PERPANJANG MASA PSBB, GUBERNUR SUMBAR MINTA MASUKAN

Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Provinsi Sumatera Barat tahap kedua segera berakhir pada tanggal 29 Mei ini. PSBB yang sudah berjalan hampir satu bulan tersebut dinilai cukup berhasil menekan angka penularan atau memutus mata rantai penularan wabah vurus corona (covid-19).

Namun untuk kedepannya Pemprov Sumatera Barat akan kembali memikirkan dan menyepakati bersama pemerintah kabupaten dan kota, keputusan apa yang akan diambil dan pada tanggal 28 Mei ini akan kembali diadakan rapat untuk memutuskan, maka saat video converence diminta masukan dan saran dari masing-masing pimpinan daerah.

Hal itu disampaikan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno ketika rapat via vidcon dengan seluruh pimpinan daerah, Selasa (26/05).

Dikatakan gubernur rapat vidcon hari ini dilakukan guna berdiskusi sehingga nanti bisa diputuskan tentang keberlanjutan PSBB. Dari data yang terjangkit di Sumbar bisa dijadikan acuan kedepan baik untuk Sumbar maupun bagi daerah masing-masing.

Disebutkan gubernur, total positif terjangkit di Sumbar per 26 Mei sebanyak 510 orang, yang terbanyak Kota Padang dan episentrumnya Pasar Raya Padang, sementara untuk daerah-daerah tidak ada penambahan yang siknifikan atau cenderung menurun.

"Terkait PSBB ada sebahagian daerah ingin memperpanjang dan ada juga yang ingin dihentikan, jika ingin diperpanjang kita pertegas saja Permenkes Nomor 9 Tahun 2020 tentang pedoman PSBB, namun jika tidak tentu kita semua juga harus sepakat payung hukum apa yang akan kita pakai dan ini menjadi kajian kita bersama, yang terpenting protokol covid-19 harus tetap diikuti," ucap Irwan.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Irwan Prayitno juga sebutkan informasi rencana pemerintah tentang "new normal", dan rencana pemerintah pusat akan melaksanakan penerapan secara tegas PSBB yang akan dibantu penuh TNI dan Polri, yaitu Jawa Barat, Sumatera Barat, DKI Jakarta dan Gorontalo.

Terkait new normal atau kehidupan normal baru, disampaikan gubernur kita harus beradaptasi dengan suasana yang baru dengan mendisiplinkan protokol kesehatan, dan itu akan berlaku tidak lama lagi.

"Lepas dari PSBB kita harus siap dengan new normal, dan ini harus diatur sedemikian rupa bagi kita yang beraktifitas sembari menunggu vaksin covid-19 ditemukan," sebut Irwan.

Irwan juga katakan bagi kita yang bekerja ikuti protokol covid-19, bahkan sampai pengaturan ruangan kerja, perangkat kerja, penyediaan tempat mencuci tangan dan hal-hal penting lainnya.

Rapat pimpinan daerah dengan Gubernur Sumbar via vidcon tersebut dihadiri Sekretaris Daerah Tanah Datar Irwandi, Asisten Pemerintahan dan Kesra Suhermen, Kadis Kesehatan dr. Yesrita Zedrianis, Kasatpol PP Yusnen dan berapa pejabat daerah lainnya. (Humas-Irfan F)

 

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Informasi Wisata
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id