Berita
Pelatihan PSM

85 ORANG PSM IKUTI PELATIHAN

Senin, 30 Desember 2013 | 09:04 WIB | Lintas SKPD

Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) merupakan tugas mulia ditengah-tengah masyarakat, PSM bekerja tanpa pamrih dan memberikan bantuan serta pertolongan kepada masyarakat yang terkena kerawanan sosial, sebab persoalan sosial tidak akan pernah habis ditengah-tengah masyarakat.

Hal ini sisampaikan Bupati Tanah Datar M.Shadiq Pasadigoe pada acara pembukaan pelatihan PSM yang diikuti 85 orang peserta utusan dari 75 nagari bertempat di Islamic Centre Pagaruyung, Jumat (27-12). Acara ini juga dihadiri Kepala Dinas Sosnaker Sri Lestari dan undangan lainnya.

Menurut Bupati Shadiq, persoalan sosial dari masa ke masa tidak akan pernah berhenti dan persoalannya tidak sama, kehadiran PSM pada setiap nagari itu benar-benar diharapkan untuk membantu masyarakat yang terkena kerawanan sosial, keterbatasan Pemerintah Daerah disebabkan oleh aturan yang sangat sulit untuk membantu masyarakat secara langsung.  Sesuai dengan Permendagri No.32/2011 dan No.39 tahun 2012 telah membatasi Pemda untuk memberikan bantuan secara langsung, bantuan itu dapat diberikan apabila sebelumnya telah tercantum dalam APBD.

Alhamdulillah rasa kesetiakawanan sosial yang sangat tinggi dari masyarakat maka permasalahan sosial itu dapat dikurangi, apalagi kepedulian yang tinggi dari perantau untuk membantu masyarakatnya dikampung halaman.  Untuk itu Bupati Shadiq menghimbau masyarakat untuk meningkatkan rasa sosial yang tinggi dari setiap manusia untuk selalu peduli terhadap orang lain yang sangat membutuhkan bantuan, kalau rasa sosial telah tertanam pada setiap orang maka permasalahan sosial itu dapat diatasi.

Kepada peserta pelatihan diharapkan untuk dapat mentransfer ilmu yang didapat dalam pelatihan ini kepada masyarakat lain, ciptakan sistim sosial yang baik ditengah-tengah masyarakat.

Panitia pelaksana Amris Luis melaporkan, dari peserta 85 orang itu terdiri dari 75 orang utusan dari 75 nagari dan 10 orang dari pengurus PSM kabupaten. Pelatihan ini berlangsung dari tanggal 27 sampai 29 Desember 2013 di Islamic centre Pagaruyung. (Humas/D).

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id