Berita
Pengukuhan KAN Singgalang

KAN LEMBAGA TERTINGGI DI NAGARI DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SAKO DAN PUSAKO

Minggu, 12 Januari 2014 | 08:52 WIB | Seputar Kecamatan
KAN LEMBAGA TERTINGGI DI NAGARI DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SAKO DAN PUSAKO
Bupati Tanah Datar M.Shadiq Pasadigoe foto bersama penghulu yang di kukuhkan beserta KAN dan Muspida, Sabtu (11-1)dihalaman SMPN Singgalang X Koto.Humas

Kerapatan Adat Nagari (KAN) merupakan lemaga tertinggi di nagari dalam menyelesaikan masalah sako dan pusako, jadi Bupati tidak pernah ikut campur tentang kemandirian KAN pada setiap nagari karena KAN itu mengukuhkan dirinya sendiri dan Bupati tidak pernah meng SK kan kepengurusan KAN, karena sudah diatur dalam Perda Nomor 4 tahun 2008 tentang nagari.

Bupati Tanah Datar M.Shadiq Pasadigoe menjelaskan hal ini dalam sambutannya pada acara pengukuhan kepengurusan KAN Nagari Singgalang kecamatan X Koto, Sabtu (11-1) bertempat dihalaman SMPN Singgalang X Koto.  Hadir pada acara ini anggota DPRD Tanah Datar J.Dt.Rajo Mangkuto, LKAAM Tanah Datar,  Muspika X Koto, Wali Nagari dan Ketua KAN se kecamatan X Koto dan undangan lainnya.

Menurut Bupati, kemandirian KAN yng diatur dalam Perda No.4/2008 ini bertujuan agar KAN benar-benar suatu lembaga adat di nagari yang dihormati masyarakat nagari dan KAN tidak bisa dijadikan konsumsi politik oleh Bupati, karena KAN bukan di SK kan Bupati.  Untuk itu kedepan fungsi ninik mamak agar lebih dibangkitkan, karena eksistensi ninik mamak saat ini mulai menurun karena banyak dipengaruhi oleh kemajuan teknologi dan masuknya budaya global ke masyarakat lokal. Apabila fungsi dan peran ninik mamak sudah kembali normal maka anak kemenakan anak mampu diarahkan kepada jalan yang lebih baik dan tidak akan terpengaruh oleh budaya global tersebut.

Apabila terjadi permasalahan pada anak kemenakan maka diharapkan ninik mamak untuk arif dan bijaksana dalam menyelesaikannya, seberat apapun masalah di nagari dapat diselesaikan ditingkat nagari dan jangan sampai berurusan dengan aparat penegak hukum, semua ini bisa terjadi apabila ninik mamak itu sudah berfungsi dengan baik.

Akhir-akhir ini masalah sengketa sako dan pusako banyak yang diselesaikan pada tingkat pengadilan, ini terjadi karena kurang berfungsinya ninik mamak, untuk itu saya berharap kedepan jangan lagi sampai kepengadilan, tetapi cukup diselesaikan ninik mamak ditingkat nagari, begitu juga masalah kenakalan remaja, masalah tanah ulayat dan sebagainya kiranya dapat diselesaikan secara berjenjang mulai dari kepala kaum sampai kepada KAN, ulas Bupati Shadiq.

Pada kesempatan itu Bupati Shadiq juga mengajak masyarakat untuk selalu meningkatkan keamanan dan kenyamanan dalam masyarakat karena tahun 2014 ini merupakan tahun politik yang akan berlangsung pesta demokrasi Pemilu Legislatif tanggal 9 April.  Kepada masyarakat diharapkan dapat dapatang ke TPS tanggal 9 April nanti untuk memberikan hak suaranya.  Pilihlah calon yang akan mampu memperjuangkan nasib masyarakat dan jangan terpengaruh oleh keuntungan sesaat.

Kepengurusan KAN yang dikukuhkan adalah Sy.Dt.Bandaro Nan Itam (ketua), J.Dt.Batuah Nan Tinggi (wakil ketua), M.Lutfi Sutan Pangulu Basa (sekretaris), dan bendahara Sy.Dt.Batuah Nan Sati. Kepengurusan ini juga dilengkapi dengan Bidang-bidang.(Humas/D).

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id