Berita

PENTINGNYA PAUD, NY. EMI IRDINANSYAH IMBAU ANAK USIA DINI BERGABUNG

Jumat, 10 Juli 2020 | 15:15 WIB | Lintas SKPD
PENTINGNYA PAUD, NY. EMI IRDINANSYAH IMBAU ANAK USIA DINI BERGABUNG

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan jenjang pendidikan dasar untuk pembinaan anak sejak lahir sampai usia enam tahun dengan cara pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan rohani dan jasmani dalam menyambut pendidikan lebih lanjut.

PAUD itu sendiri terdiri dari tiga tingkatan, 0-1 tahun disebut bayi, 2-3 tahun disebut  balita dan 3-6 tahun disebut Kelompok Bermain.

Ketua TP PKK Ny. Emi Irdinansyah Tarmizi yang juga Bunda PAUD Tanah Datar, Kamis (9/7/2020) di sela-sela kegiatan penyerahan bantuan untuk mushalla di Nagari Pasie Laweh Kecamatan Sungai Tarab mengajak seluruh masyarakat Tanah Datar, terutama orangtua untuk mendaftarkan anak, kemenakannya untuk masuk lembaga PAUD khususnya Usia Kelompok Bermain.

“PAUD tidak hanya mengajak anak belajar, menulis dan bermain saja, namun juga menempa mental dan karakter untuk menjadi generasi muda yang tangguh dan cerdas menyambut Indonesia Emas 2045, karena itu mari kita bawa dan daftarkan anaknya di PAUD,” ungkapnya.

Di tambahkan Ny.Emi, PAUD menitikberatkan pada pertumbuhan dan perkembangan anak. “PAUD menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, emosional dan seni yang disesuaikan kelompok usia,” ungkapnya.

Ada dua tujuan PAUD ini, ujar Emi, yaitu membentuk anak Indonesia yang berkualitas yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan pada masa dewasa, serta membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar (akademik) di sekolah, sehingga dapat mengurangi usia putus sekolah dan mampu bersaing secara sehat di jenjang pendidikan berikutnya.

Ditambahkan apalagi juga Tanah Datar juga sudah dilaunching menjadi Kampung Inkuiri "Alam Takambang Jadi Guru" awal bulan lalu.

Kampung inkuiri  artinya bagaimana menyiapkan anak-anak usia dini melalui lembaga PAUD non formal maupun formal dengan mengenali pembelajaran berbasis inkuiri yakni anak difasilitasi bisa mengamati, menganalis dan menyimpulkan sendiri dari media pembelajaran yang disiapkan guru atau memanfaatkan materi alam sehingga konsep alam takambang jadi guru menjadi hal yang tidak asing bagi anak-anak usia dini.

Hal senada disampaikan Kadis Dikbud Riswandi di tempat terpisah. “Pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan terus berupaya mendorong anak-anak usia PAUD khususnya umur 3-6 tahun masuk ke lembaga pendidikan PAUD,” sampainya.

Terkait wabah Covid-19, terang Riswandi, PAUD tetap menerima pendaftaran peserta didik namun untuk Proses Belajar dan Mengajar (PBM) secara tatap muka masih ditunda. (Humas-wn/dvd)

 

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Informasi Wisata
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030