Berita

ANTISIPASI PENYEBARAN BARU COVID-19, BUPATI TANAH DATAR TERBITKAN SURAT EDARAN..

Rabu, 29 Juli 2020 | 23:44 WIB | Lintas SKPD
ANTISIPASI PENYEBARAN BARU COVID-19, BUPATI TANAH DATAR TERBITKAN SURAT EDARAN PELAKSANAAN SHALAT IDUL ADHA DAN IBADAH QURBAN,

Guna mengantisipasi terjadinya penyebaran baru virus corona (Covid-19), Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi menerbitkan Surat Edaran Nomor: 451.1/885/Kesra-2020 tentang Pelaksanaan Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban Tahun 1441 H/2020 M.

Dalam SE Bupati tersebut mengatur tentang tata cara penyelenggaraan Shalat Idul Adha di nagari dan kecamatan se-Tanah Datar. “Ada 9 poin utama yang mengatur tentang pelaksanaan ibadah shalat Idul Adha, intinya adalah penerapan protokol kesehatan dalam mengatasi wabah pandemi Covid-19,” ujar Kabag Kesra H. Afrizon, Rabu (29/7/2020) di ruang kerjanya.

Garis besar sembilan poin itu, tambah Afrizon, menyiapkan petugas untuk melakukan penerapan protokol kesehatan di lokasi tempat pelaksanaan, melakukan pembersihan/disinfeksi, membatasi jumlah jalur pintu masuk, menyediakan fasilitas cuci tangan, ukur suhu tubuh, atur jarak, mempersingkat rangkaian pelaksanaan shalat dan khutbah tanpa mengurangi ketentuan syarat dan rukunnya, tidak mengedarkan kotak infak dengan cara menggeser antar jamaah, sampai persiapan perorangan, seperti membawa alas shalat/sajadah sendiri, pakai masker, hindari kontak fisik serta menghindari anak-anak, warga lanjut usia dan orang dengan penyakit menular ikut shalat.

Sementara untuk penyelenggaraan penyembelihan hewan kurban diatur dalam tiga poin utama, yakni penerapan jaga jarak fisik, penerapan kebersihan personal panitia dan penerapan kebersihan alat.

“Protokol kesehatan untuk pelaksanaan penyembelihan ini sebenarnya sama saja dengan pelaksanaan shalat Idul Adha, namun ada beberapa poin tambahan, seperti pada acara penyembelihan dibatasi hanya panitia dan warga yang berkurban saja dan untuk alat harus menerapkan satu alat untuk satu orang saja, jangan bertukar pakai, kalaupun terpaksa harus dibersihkan atau disinfeksi sebelum digunakan,” tukas Afrizon. (Humas)

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Informasi Wisata
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id