Berita
Disdukcapil Tanah Datar

Uji Coba Pelayanan "Satu Hari Siap"

Jumat, 17 Januari 2014 | 11:58 WIB | Lintas SKPD
Uji Coba Pelayanan Satu Hari Siap

Uji Coba Pelayanan Satu Hari Siap

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Datar kembali melakukan uji coba pelayanan satu hari siap berdasarkan Pengumuman Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Datar No. 470/23/Dukcapil-2014 terhitung mulai tanggal 2 Januari 2014.

" Berbeda dengan ujicoba sebelumnya, pelayanan siap satu hari dilaksanakan dengan sistem yang baru memakai nomor antrian dimana masyarakat yang berurusan dapat menunggu dokumen yang dibutuhkannya setelah diproses oleh petugas pelayanan, tentunya persyaratan yang diajukan harus lengkap dan disarankan kepada masyarakat yang bersangkutan agar dapat mengurus sendiri dokumen yang dibutuhkannya tersebut sedangkan pada uji coba sebelumnya pengambilan dilakukan pada pukul 14.00 WIB ," tegas Kadis Dukcapil Kabupaten Tanah Datar, Drs. Zulkifli SR.

" Uji coba kali ini dilaksanakan selama 30 (tiga puluh) hari kerja kedepan terhitung mulai tanggal 2 Januari 2014, perbaikan dari kelemahan-kelemahan sistem yang ada selama masa uji coba akan selalu dievaluasi dan diperbaiki sambil jalan, " tambah beliau.

Demi kelancaran proses pelayanan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menetapkan jadwal pelayanan masing-masing kecamatan untuk pelayanan dokumen Akta Kelahiran yaitu :

1.       Senin             : X Koto, Pariangan dan Tanjung Baru

2.       Selasa           : Batipuh, Rambatan dan Padang Ganting

3.       Rabu              : Batipuh Selatan, Lintau Buo Utara dan Lintau Buo

4.       Kamis            : Tanjung Emas, Sungayang dan Salimpaung

5.       Jum'at          : Lima Kaum dan Sungai Tarab

Khusus untuk keperluan mencari pekerjaan, masuk sekolah, umrah/haji dan keperluan lainnya yang dilengkapi dengan surat pendukung dari instansi tempat yang bersangkutan berurusan, dapat dilayani setiap hari kerja.

Sedangkan pengurusan Kartu Keluarga dan Surat Pindah dilayani setiap hari kerja tanpa dibatasi jadwal.

 Zulkifli menambahkan, "Untuk saat ini jam pelayanan masih dibatasi dimana pada hari Senin s/d Kamis, pelayanan dilakukan mulai pukul 08.00 s/d 12.00 WIB dan pada hari Jum'at mulai pukul 08.00 s/d 11.30 WIB."

Lebih lanjut Kadis Dukcapil mengharapkan semoga dengan adanya perubahan paradigma pelayanan ini, kesadaran masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan yang diperlukannya semakin meningkat sehingga akurasi database kependudukan semakin baik dan dapat dipertanggung jawabkan. (TN/Dukcapil-2014)

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id