Berita

Sumpur dan Malalo Tigo Jurai Sudah Berdamai, Pjs. Bupati Erman Rahman Sampaikan..

Jumat, 16 Oktober 2020 | 15:41 WIB | Lintas SKPD
Sumpur dan Malalo Tigo Jurai Sudah Berdamai, Pjs. Bupati Erman Rahman Sampaikan Terima Kasih Kepada Seluruh Pihak

Tanah Datar, HUMAS - Pjs. Bupati Tanah Datar Erman Rahman memaparkan kronologis konflik Nagari Sumpur dan Malalo Tigo Jurai Kecamatan Batipuh Selatan dalam Rapat Koordinasi Forkopimda Provinsi Sumatera Barat, membahas tentang Sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru di Sumatera Barat dan  Konflik Tapal Batas Nagari Sumpur dengan Padang Laweh Malalo, Kabupaten Tanah Datar  di Aula Mapolda Sumbar, Kamis (15/10/2020).

Erman Rahman menyampaikan kedua nagari telah berdamai melalui mediasi di Mapolres Padang Panjang, ditandai dengan surat kesepakatan damai yang dibubuhi tangan-tangan perwakilannya dari unsur pemerintah nagari, Ketua KAN, Ketua BPRN dan Ketua Pemuda kedua belah pihak.

Proses mediasi saat di Polres Padang Panjang, Selasa malam (13/10.2020) dihadiri unsur Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sumatera Barat Nazwir, Kapolres Padang Panjang AKBP Apri Wibowo, S.IK, Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Inf. Wisyuda Utama.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah menjadi penengah dalam perdamaian di konflik tersebut. Tentu ini perlu diapresiasi, mudah-mudahan kejadian ini tidak terulang kembali,” ujarnya.

Terkait konflik itu, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan semua bisa terselesaikan secara baik dengan mengutamakan pendekatan bersifat persuasif.

“Banyak upaya menyelesaikan konflik secara baik, semua persoalan tentu ada jalan keluarnya,” ujar Irwan Prayitno.

Selepas itu, Forkopimda Sumbar menyampaikan komitmen mewujudkan situasi kondusif dan masyarakat yang cinta damai di Provinsi Sumatera Barat.

“Kami Forkopimda bersama seluruh komponen masyarakat Sumatera Barat berkomitmen mewujudkan situasi kondusif dan masyarakat yang cinta damai,” ujar Irwan Prayitno serentak bersama Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Toni Harmanto, Danrem 032/ Wbr, Danlantamal II Padang, Danlanud Sutan Syahrir, Kajati Sumbar dan para tokoh Sumbar lainnya.

Turut hadir juga pada kesempatan itu Kapolres Padang Panjang AKBP Apri Wibowo, S.IK, Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Inf. Wisyuda Utama, Kepala Perangkat daerah terkait, Camat Batipuh Selatan Herru Rachman, Walinagari Padang Laweh Malalo, Pj. Walinagari Guguk Malalo dan Walinagari Sumpur. (Rhn-Heri)

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Informasi Wisata
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id