Berita

Dukung Penguatan Kembali Sumpah Sati Bukik Marapalam, Bupati Eka Putra dan..

Senin, 21 Juni 2021 | 09:52 WIB | Umum
Dukung Penguatan Kembali Sumpah Sati Bukik Marapalam, Bupati Eka Putra dan Wakil Bupati Richi Aprian Sambut Baik Kunjungan Ketua MUI Sumbar Buya Gusrizal Gazahar

Bupati Tanah Datar Eka Putra menyambut baik kunjungan Ketua MUI Sumbar Buya Gusrizal Gazahar yang didampingi Ketua MUI Tanah Datar Masnefi di Rumah Dinas Bupati, Indojolito Batusangkar, Minggu (20/6) malam.

Ikut menerima kunjungan tersebut, Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, Plh. Sekretaris Daerah Edi Susanto dan Kepala Bagian Kesra H. Afrizon.

Kunjungan Ketua MUI Sumbar Buya Gusrizal Gazahar dalam rangka silaturahmi dengan Bupati dan Wakil Bupati Eka Putra dan Richi Aprian.

“Kunjungan ini bertujuan untuk bersilaturahmi dengan pimpinan daerah dan menguatkan kembali hasil Milad Emas MUI Sumbar yang dikemas dalam agenda pernyataan sikap bersama Sumpah Sati Bukik Marapalam 2018 lalu,” sampai Buya Gusrizal.

Buya Gusrizal sampaikan Milad Emas MUI Sumatera Barat yang dilaksanakan Tanah Datar salah satunya untuk menguatkan kembali Sumpah Sati Bukik Marapalam untuk membangkitkan semangat bersatu untuk menggerakkan falsafah Adat Basandi Syara’ Syara’ Basandi Kitabullah (ABS-SBK).

Pada kegiatan tersebut unsur Tigo Tungku Sajarangan yaitu ninik mamak, alim ulama dan cadiak pandai serta bundo kanduang di depan unsur masyarakat Minangkabau yang hadir saat itu, bersepakat untuk menjaga amanah Sumpah Sati Bukik Marapalam. “Tagak kami indak bakisa, duduak indak baraliah, kok hiduik ka dipakai,  mati kaditumpang, kami pacik arek ganggam taguah, nan tabuhua takabek arek dalam pituah Adat Basandi Syara’, Syara Basandi Kitabullah, Adaik Bapaneh, Syara’ Balinduang, Syara’ Mangato Adaik Mamakai”.

Buya Gusrizal tambahkan, salah satu komitmen bersama MUI Sumbar dengan Pemkab Tanah Datar yaitu untuk menguatkan kembali nilai-nilai ABS-SBK melalui dakwa di tengah-tengah masyarakat Minangkabau.

Bupati Tanah Datar Eka Putra menyambut baik kunjungan Ketua MUI Sumbar Buya Gusrizal Gazahar dan mendukung kegiatan yang telah dilakukan kepemimpinan bupati sebelumnya.

“Kami Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menyambut baik dan mendukung apa yang telah menjadi komitmen bersama dengan MUI Sumbar dan semoga kemaksiatan di Luhak Nan Tuo khususnya dan Sumbar umumnya bisa hilang serta kembali menjaga Sumpah Sati Bukik Marapalam,” harap Bupati. (humas/eri)
Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Pengumuman
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id