Berita

STAF AHLI BUPATI dr. ERMON REVLIN : PEMKAB TANAH DATAR DUKUNG PEMBENTUKAN FPRB

Selasa, 22 Juni 2021 | 15:11 WIB | Seremonial
STAF AHLI BUPATI dr. ERMON REVLIN : PEMKAB TANAH DATAR DUKUNG PEMBENTUKAN FPRB

Sesuai dengan amanat UU nomor 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana, dimana penanggulangan bencana bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata, tetapi juga tanggung jawab masyarakat dan dunia usaha. 

Berdasarkan hal tersebut BPBD Provinsi Sumatera Barat bersama BPBD Tanah Datar melaksanakan Pelatihan Pencegahan Mitigasi Bencana/Sosialisasi Pembentukan Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) yang dibuka Bupati diwakili Staf Ahli Bupati Bidang SDM dan Kemasyarakatan dr. Ermon Revlin, Selasa (22/6) di Aula Kantor Bupati di Pagaruyung.

Hadir pada kesempatan tersebut, Kasi Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Sumatera Barat Ilham Wahab, Kalaksa BPBD Tanah Datar diwakili oleh Kabid RR Syofyan Ali Zumara, Pimpinan OPD terkait, pimpinan BUMN dan Ormas Mitra Kebencanaan BPBD Kabupaten Tanah Datar.

Staf Ahli Bupati Bidang SDM dan Kemasyarakatan dr. Ermon sampaikan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menyambut baik akan dibentuknya suatu wadah untuk melatih kesiapsiagaan masyarakat menghadapi bencana agar masyarakat bisa jauh dari bencana dan mengurangi resiko dari bencana tersebut. 

“Pemkab menyambut baik kegiatan Ini untuk membentuk wadah berupa Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) uuntuk kesiapsiagaan masyarakat menghadapi bencana,” kata Ermon.

Ermon tambahkan, setelah terbentuknya FPRB nantinya diharapkan bisa mengoptimalkan pengurangan resiko bencana karena bencana itu tidak diketahui datangnya, untuk itu sangat dibutuhkan kerja sama dari semua pihak. “Diharapkan forum ini untuk berpartisipasi di tengah masyarakat bersama penggiat bencana dan tenaga satgas bencana yang ada di masing-masing nagari,” harapnya.

Sementara itu, Kasi Kesiapsiagaan BPBD Sumbar Ilham Wahab sampaikan FPRB adalah perwujudan partisipasi masyarakat dalam penanggulangan bencana di daerah yang terdiri dari perwakilan OPD,lembaga usaha, akademisi, ormas, LSM, Media Massa dan relawan.

Ilham tambahkan, tujuan dibentuknya FPRB adalah untuk memastikan pembangunan daerah dan kebijakan yang diambil berbasis pengurangan resiko bencana yang merupakan tindaklanjut dari Pelatihan FPRB Provinsi Sumatera Barat tanggal 21 Mei 2021 yang lalu dengan harapan agar dapat terbentuk FPRB di setiap kabupaten/kota se-Sumatera Barat.

Lebih lanjut, kata Ilham, Jambore FPRB se-Sumatera Barat direncanakan diadakan di Kabupaten Solok Selatan dengan menghadirkan Wali Nagari.

Pada kesempatan tersebut menghadirkan pemateri dari Kepala Markas PMI Provinsi Sumatera Barat Hidayatul Irwan, S.Kom, MT dengan judul Pembentukan/Penguatan FPRB dan Elfinita (Himpunan Wanita Disabilitas Provinsi Sumatera Barat).

Di akhir kegiatan telah ditetapkan Pengurus Harian Forum PRB Kabupaten Tanah Datar dengan Ketua Drs. Revoldesman (Kwarcab 0304 Tanah Datar), Wakil Ketua Afrizal (Forum Relawan Tanah Datar),Sekretaris Faisal, S.HI (PMI Tanah Datar) dan Wakil Sekretaris BPBD Kabupaten Tanah Datar. (humas/heri)

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Pengumuman
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id