Berita

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Pemkab Tanah Datar Jajaki Kerjasama dengan..

Rabu, 23 Juni 2021 | 16:25 WIB | Seremonial
Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Pemkab Tanah Datar Jajaki Kerjasama dengan Putra Sampoerna Foundation

Putera Sampoerna Foundation (PSF)  sebuah institusi bisnis sosial yang punya tujuan menciptakan pemimpin andal dan wirausahawan Indonesia yang andal di masa depan.

Program ini yang ditawarkan kepada pemerintah daerah termasuk ke Tanah Datar.

Bupati Eka Putra menyambut baik program PSF untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Tanah Datar.

“Peningkatan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan berdaya saing menjadi salah satu misi pembangunan daerah,” sampai bupati saat silaturahmi dengan perwakilan PSF, Selasa malam (22/06/2021) di Gedung Indo Jolito.

Lebih lanjut bupati mengatakan pemerintah daerah siap menindaklanjuti tawaran ini untuk dikerjasamakan kedua belah pihak.

“Sektor pendidikan harus dimajukan kalau daerah ini ingin maju, apalagi tantangan ke depan semakin berat. Tugas ini tidak hanya ada di pemerintah tetapi butuh dukungan unsur lain salah satu pihak swasta,” ujarnya lagi.

Kualitas guru sebut bupati, menjadi salah perhatian untuk ditingkatkan, di tengah tantangan pandemi Covid-19.

“Guru harus melek IT dan punya program pembelajaran yang menarik dan berkualitas bagi siswa untuk belajar tatap muka dan tatap maya,” ujarnya.

Sementara Head of Partner Relatiion PSF Ida Bagus Gede Wardhiputra didampingi Manager Fund Rising Mutmainnah Syahril menjelaskan PSF memiliki 3 program di bidang pendidikan.

Dijelaskannya program tersebut yaitu  beasiswa kuliah di Sampoerna University, Sekolah Mercusuar atau sekolah model dan Pusat Belajar Guru.

“Kita ingin bersinergi dengan pemerintah daerah melahirkan anak-anak Tanah Datar yang berdaya saing,” sampainya.

Dengan program sekolah model, ulas Ida Bagus, PSF melakukan pendampingan sekolah selama 3 tahun baik di sisi kurikulum, manajemen sekolah, siswa, komite dan orang tua dan berharap sekolah ini menjadi mercusuar bagi sekolah di sekitar agar bisa dicontoh.

Demikian juga program Pusat Belajar Guru menyiapkan 20 sampai 30 orang guru master untuk diberikan pendampingan dan pelatihan yang kemudian dibagikan ilmunya kepada guru-guru lain.

Sementara beasiswa pendidikan, PSF akan menyeleksi siswa-siswa terbaik untuk dididik di Sampoerna University dengan 3 fakultas yakni Teknik, Bisnis dan Pendidikan.

“Pendidikan S-1 dijalani selama 4 tahun dan ada program ke luar negeri selama 11 minggu di salah satu kampus ternama di Amerika Serikat,” jelasnya.

Turut hadir Plh Sekda Edi Susanto, Kepala Baperlitbang Alfian Jamrah, Kadis Dikbud Riswandi, Kepala BKPSDM Jasrinaldi, Kabag Kesra Afrizon, Kabag POD Herison dan Kabag Humas dan Protokol Yusrizal. (Humas-wn)

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Pengumuman
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id