Berita
sanggar seni Makhudumsyah telah berdiri

BUPATI M.SHADIQ PASADIGOE RESMIKAN SANGGAR SENI DAN BUDAYA MAKHUDUMSYAH

Kamis, 20 Maret 2014 | 20:56 WIB | Seputar Kecamatan
PEMERINTAH DAERAH MERESMIKAN BERDIRINYA SANGGAR SENI DAN BUDAYA MAKHUDUMSYAH  DI NAGARI SUMANIAK
sanggar seni dan budaya makhudumsyah bersiap menyambut kepala daerah kabupaten Tanah Datar

Bupati Tanah Datar M.Shadiq Pasadigoe resmikan berdirinya sanggar seni dan budaya Makhudumsyah yang ditandai dengan pengguntingan pita Plang Nama Sanggar Makhudumsyah di Pasar Sumanik, Kamis (20-3, sanggar  ini diprakarsai oleh masyarakat Nagari Sumaniak yang peduli akan seni dan budaya di Ranah Minang khususnya Nagari Sumaniak.

Bupati M.Shadiq beserta rombongan di sambut meriah oleh seluruh komponen masyarakat nagari Sumaniak yang didampingi oleh Camat Salimpauang Hendra Setiawan, Kepala Dinas Budaya Pariwisata Pemuda dan Olahraga Marwan, Kepala Dinas Pendidikan diwakili  Kabid SLTP/SM Lisda.M dan Muspika Salimpauang.

Acara diawali dengan laporan kegiatan dan pelaksanaan sanggar seni dan budaya Makhudumsyah, Ketua panitia pelaksana Rina Nurlena melaporkan,  sanggar seni dan budaya Makhudumsyah telah melaksanakan 3 macam kegiatan yakni sanggar silat, randai dan lomba pidato adat / pasambahan untuk para generasi muda dengan jumlah anggota 142 orang.

Dalam Arahannya  Bupati M.Shadiq menyampaikan sangat berterima kasih kepada masyarakat Sumanik yang telah memakai nama yang sangat bersejarah di Minangkabau, Mangkhudumsyah merupakan salah seorang Basa Empat Balai dalam kerajaan Pagaruyung, untuk mengingat jasa beliau yang pernah memimpin di minangkabau sudah sepantasnya memakai nama itu dalam Sanggar Seni Budaya yang diresmikan ini.

Sanggar Seni yang didirikan masyarakat Sumanik ini sangat positif sekali dalam membentuk karakter generasi muda dan melestarikan nilai budaya dan adat minangkabau, kedepan diharapkan sanggar ini akan berkembang lebih baik lagi sehingga dapat sebagai sarana untuk pembinaan generasi muda dalam mengembangkan adat dan budaya minangkabau.  Hal ini juga sesuai dengan Visi Tanah Datar " Terwujudnya  masyarakat kabupaten Tanah Datar yang sejahtera dan berkeadilan dilandasi filosofi  Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah".

Kepada masyarakat Sumanik diharapkan selalu merangkul perantau dalam berbagai kegiatan yang dilaksanakan di Nagari seperti kegiatan Sanggar Seni Budaya ini, sehingga perantau itu juga merasa memiliki dari kegiatan yang dilaksanakan.

Pada kesempatan itu Bupati Shadiq juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu memberikan motivasi kepada anak sekolah yang sebentar lagi akan menghadapi ujian sekolah dan ujian nasional sehingga mereka akan mendapatkan nilai yang baik.  Setelah lulus di SLTA nanti mereka juga akan bersaing untuk mendapatkan perguruan tinggi yang diminati.  Untuk itu tidak usah ragu untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, sebab bagi mereka yang berasal dari keluarga tidak mampu yang diterima di PTN biayanya akan dibantu oleh Pemda Tanah Datar, jadi tidak ada alasan untuk tidak jadi kuliah karena tidak ada biaya.

Disamping itu kepada masyarakat juga dihimbau untuk mensukseskan Pemilu Legislatif yang akan berlangsung tanggal 9 April 2014, tingkatkan partisipasi pemilih dengan cara datang ke TPS untuk memberikan hak suara untuk memilih anggota DPD RI, DPR RI, DPRD Propinsi dan kabupaten, sebab satu suara sangat menentukan dalam menentukan wakil kita tersebut lima tahun kedepan. (humas)  

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id