Berita
Khatam Al-Quran di TPQ Ma'hadhissalah Biaro pariangan

BUPATI M.SHADIQ PASADIGOE : PENDIDIKAN AL-QURAN MERUPAKAN KEBUTUHAN MASYARAKAT

Senin, 07 April 2014 | 09:13 WIB | Seputar Kecamatan
BUPATI  M.SHADIQ PASADIGOE : PENDIDIKAN AL-QURAN MERUPAKAN KEBUTUHAN MASYARAKAT
Bupati Tanah Datar, M.Shadiq Pasadigoe saat memberi sambutan pada acara penutupan khatam Al Qur'an di TPQ/TPSQ Mushalla Ma'hadissalah Biaro Pariangan, Minggu (6-4. Foto By Humas TD

Bupati Tanah Datar M.Shadiq Pasadigoe menjelaskan bahwa pendidikan Al-Quran merupakan kebutuhan masyarakat, walaupun keterbatasan anggaran Pemerintah Daerah namun pendidikan Al-Quran tetap berjalan dengan baik ditengah-tengah masyarakat. Hal ini dijelaskan Bupati M.Shadiq Pasadigoe pada acara penutupan Khatam Al-Quran pada TPQ/TPSQ Mushalla Ma'hadissalah Biaro Pariangan, Minggu (6-4).

Pada acara malam penutupan Khatam Al-Quran yang diikuti 48 orang terdiri dari 35 orang Khatam Al-Quran dan 13 orang Khatam Iqrak tersebut juga ditampilkan kebolehan dari Tim Qarry terbaik Sumatera Barat yang telah berhasil ditingkat Sumatera Barat, tingkat nasional dan Internasional, penampilan Shalawat dan pembacaan Al-Quran dari Qarry terbaik tersebut dapat memberikan motivasi kepada masyarakat setempat untuk lebih meningkatkan semangat untuk mendalami isi kandungan Al-Quran dimasa mendatang.

Bupati M.Shadiq Pasadigoe sangat terkesan dengan penampilan Qarry terbaik tersebut, walaupun pertama kali dilaksanakan Khatam Al-Quran di Mushalla Ma'hadissalah yang hampir selesai dibangun ini namun kegiatannya sangat meriah yang dimulai dari pagi sampai malam, disamping Khatam Al-Quran juga ditampilkan lantunan suara merdu dari Qarry terbaik Sumatera Barat yang telah berhasil ditingkat nasional dan internasional.

Keberhasilan kabupaten Tanah Datar memperoleh peringkat kedua berturut-turut pada MTQ Tingkat Sumatera Barat jelas berawal dari pendidikan Al-Quran dari setiap TPA/TPSA dan dukungan dari seluruh masyarakat Tanah Datar. Keberhasilan dari Qarry dan Qarryah itu juga dihargai Pemda Tanah Datar dengan memberikan bonus sebesar Rp.15 juta kepada terbaik I, bonus ini juga sama dengan atlit peraih mendali emas pada Pekan Olah Raga Propinsi.  Bonus ini diberikan dengan tujuan untuk memotivasi para Qarry dan Qarriah untuk lebih bersemangat lagi dan meningkat mutu tentang baca tulis Al-Quran, ulas Shadiq.

Pada kesempatan itu Bupati Shadiq menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu membiasakan membaca Al-Quran setiap hari, minimal selesai Shalat Magrib membaca Al-Quran karena kabupaten Tanah Datar juga telah mencanangkan program Magrib Mengaji. Ajak anak-anak kita untuk membaca Al-Quran dan jangan hannya menyuruh anak semata, namun harus dimulai dari orang tua, sebab membiasakan membaca Al-Quran itu dimulai dari kecil.

Kepada orang tua juga diminta untuk selalu meningkatkan komunikasi kepada anak-anak, dengarkan keluhan anak dan sikapi dengan baik, disamping itu selalu tingkatkan pengawasan terhadap anak agar mereka jangan sampai terjerumus kepada hal yang negatif, apalagi dalam waktu dekat anak-anak akan menghadapi ujian sekolah dan ujian nasional.  Berikan motifasi kepada anak agar mereka lulus dengan nilai terbaik dan akhirnya dapat lulus ke Perguruan Tinggi yang mereka inginkan.

Kepada yang lulus di PTN nantinya bagi keluarga tidak mampu akan dibantu oleh Pemda, untuk itu jangan ragu dan tidak ada yang tidak kuliah karena tidak ada biaya karena Pemda Tanah Datar telah menjamin, tegas Shadiq.  Sudah tiga tahun berturut-turut lulusan SLTA di Tanah Datar terbanyak diterima pada  PTN seluruh Indonesia di 12 kabupaten di Sumatera Barat, mudah-mudahan tahun ini Tanah Datar juga tetap berada pada peringkat pertama.

Pada kesempatan itu Bupati Shadiq juga menghimbau masyarakat untuk mensukseskan Pemilu tanggal 9 April 2014 nanti, tingkatkan partisipasi pemilih dan datang ke TPS untuk memberikan hak suara, sebab satu suara sangat menentukan atas keberhasilan pembangunan minimal lima tahun kedepan, pilihlah wakil kita yang akan memperhatikan masyarakat dan jangan sampai terpengaruh oleh kepentingan sesaat. (Humas).

 

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id