Berita
Penilian Kopetensi Wali Nagari

WALI NAGARI PANDAI SIKEK DINILAI TIM PROPINSI

Jumat, 25 April 2014 | 08:35 WIB | Seputar Kecamatan
foto

Tim Penilai Kopetensi Wali Nagari Tingkat Propinsi Sumatara Barat didampingi Sekda, H. Hardiman saat penilaian Kompetesi walinagari Pandai Sikek kamis (24/4).Humas

Ketua Tim Penilai Kompetensi Walinagari Tingkat Propinsi Sultani Wirman saat memberikan arahan.Humas

Wali Nagari Pandai Sikek, Kecamatan X Koto,  Alfiar Dt. Tunaro Nan Bilimau Sundai dinilai Tim Penilai Kopetensi Wali Nagari Tingkat Propinsi Sumatara Barat, Kamis (24/4) kemaren di Nagari Pandai Sikek.

Tim Penilai yang dipimpin Sultani Wirman, di Pandai Sikek disambut dengan penuh antusias oleh masyarakat Pandai sikek  dalam penilaian tim kelapangan yang mrngusung wali nagarinya untuk bisa maju sebagai yang terbaik dalam penilaian tingkat Propinsi Sumatera Barat.

Tokoh masyarskat Nagari Pandai Sikek, DM Dt. Nan Salareh pada partemuan tersebut menjelaskan bahwa, Alfiar Dt. Tunaro Nan Balimau Sundai diterima masyarakat sebagai Wali Nagari Pandai Sikek karena mempunyai kempetensi ditiga unsur yang dapat memajukan dan meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat berpendidikan dan punya perhatian terhadap lendidikan.

DM Dt. Nan Salareh mengemukakan bahwa, Alfiar Dt. Tunaro Nan Balimau Sundai adalah sosok niniak mamak dan seorang ustad yang diharapkan mampu mengsyomi masyarakst,. dalam kenyataan setelah menjadi Wali Nagari, hal itu benar-benar dibuktikanny, ungkapnya.

Bupati Tanah Datar, diwakili Sekda, H. Hardiman dalam acara pertemuan dan ekspos Wali Nagari tersebut mengatakan bahwa, Kabupaten Tanah Datar dalam penilaian Kopetensi Wali Nagari ditingkat Sumatera Barat sudah 5 kali memperoleh juara pertama begitu juga dengan penilaian Nagari Berprestasi, Kabupaten Tanah Datar juga telah meraih 5 kali juara tingkat Propinsi Sumatera Barat.

Hal itu tidak terlepas dari kemampuan yang dimiliki Wali Nagari dalam mengimplementasikan ilmu yang dimilikinya melaksanakan amanah yang diberikan masyarakat membangun nagari yang didukung sepenuhnya dari peranserta masyarakat itu sendiri, sehingga indicator penilaian yang ditetapkan pada umumnya dapat dicapai para Wali Nagari di Tanah Datar.

Nagari Pandai Sikek.  merupakan Nagari yang memiliki kelebihan tersendiri dari kemampuan yang dimiliki masyarakatnya yang dikenal dengan ukiran dan  Songket Pandai sikek menembus pasan dunia, apalagi potensi alamnya yang indah yang menjadi tujuan para investor dan wisatawan, harus dipimpin oleh Wali Nagari yang mempunyai kopetensi yang lebih sabagaimana yang dimiliki Wali Nagari Pandai Sikek saat ini, ungkap, H. Hardiman.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Lomba Kopetensi Wali Nagari Tingkat Sumbar, Sultani Wirman dalam penyampainya mengatakan, Penilaian Kopetensi Wali Nagari pada prinsipnya bertujuan untuk mendorong agar wali nagari lebih meningkatkan kemampuannya sebagai kepala pemerintahan di Nagari.

Tim yang terdiri dari Unsur LSM, Kewartawanan, Budayawan dan dari Biro Pemberdayaan akan melihat secara lansung kelapangan meninjau berbagai aspek pembangunan yang telah disampaikan Wali Nagari dalam eksposnya, antara lain terkait penyelenggaraan Pemerintah, Pemberdayaan masyarakat, pelestarian nilai-nilai adat dan agama dan pengetasan kemiskinan serta Administrasi Nagari, ungkap Sultani. (Humas/Vr/Hr)

                                                                             

                                                                                                       

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id