Berita
Penilaian Nagari Berprestasi

NAGARI PANDAI SIKEK DINILAI TIM PROPINSI LOMBA NAGARI BERPRESTASI

Senin, 28 April 2014 | 15:32 WIB | Seputar Kecamatan
NAGARI PANDAI SIKEK DINILAI TIM PROPINSI LOMBA NAGARI BERPRESTASI
Sekda H. Hardiman saat memberikan sambutan pada acara penilaian nagari berprestasi (28/4).

Nagari Pandai Sikek mewakili kabupaten Tanah Datar ke Tingkat Sumatera Barat dalam rangka lomba Nagari berprestasi, Senen (28-4) Tim penilai Nagari berprestasi disambut dengan tari gelombang dan gendang tassa dan dihadiri ribuan masyarakat, tokoh masyarakat, perantau, SKPD, Camat dan Wali Nagari se Tanah Datar  serta undangan lainnya.

Ketua Tim penilai Erman Rahman dalam sambutannya menyampaikan, berbagai kelebihan Nagari Pandai Sikek telah ditampilkan kepada tim penilai, sebelum acara dimulai juga telah ditayangkan video profil Nagari Pandai Sikek dengan berbagai potensi yang ada.  Kalau Nagari Pandai Sikek mempunyai kelebihan dari nagari lainnya di Sumatera Barat, maka jelas yang terbaik akan jatuh ke Pandai Sikek.

Apa yang telah disampaikan Wali Nagari, tokoh masyarakat nantinya akan ditinjau kelapangan apakah memang benar yang disampaikan tersebut akan dibuktikan dilapangan dan waweancara serta diskusi dengan pihak terkait. Percayalah masyarakat Pandai Sikek kalau nagari ini yang terbaik maka kabupaten Tanah Datar kembali mengukir prestasi yang pernah diraih tahun lalu.

Menurut Erman Rahman, kabupaten Tanah Datar sudah lima kali memperoleh Nagari Berprestasi di Sumatera Barat, tahun 2013 dari 80.000 desa di Indonesia, Nagari Lima Kaum yang mewakili Sumatera Barat ketingkat nasional berhasil sebagai juara empat (empat besar nasional), dan untuk tahun ini diharapkan prestasi itu dapat ditingkatkan.

Menurut ketua tim, yang dinilai dalam lomba nagari berprestasi ini antara lain bidang kesehatan, ekonomi, PKK, Kamtibmas, pemerintahan, kegiatan kemasyarakatan dan kegiatan lainnya, sehingga antara data yang ditampilkan dengan kondisi dilapangan harus sesuai.

Bupati Tanah Datar diwakili Sekda Hardiman menjelaskan, ditunjuknya Nagari Pandai Sikek mewakili kabupaten Tanah Datar dalam lomba nagari berprestasi ini sudah melalui proses yang panjang, setiap kecamatan telah dipilih mewakili satu nagari, dari 75 nagari di Tanah Datar maka Nagari Pandai Sikek lah yang terbaik dan pantas untuk maju ketingkat propinsi, Insha Allah  nanti juga dapat mewakili Sumatera Barat ketingkat mnasional. Pada hari kamis kemaren Wali Nagari Pandai Sikek Alfiar Dt. Nan Balimo Sundai  juga telah dinilai oleh Tim Propinsi dalam rangka penilaian kompetensi  Wali Nagari karena dinilai mempunyai dedikasi yang tinggi dalam membangun nagari.

Nagari Pandai Sikek banyak kelebihan dari nagari lainnya di Tanah Datar dan  juga telah ditetapkan sebagai desa wisata karena juara harapan dua tingkat nasional, tingginya partisipasi masyarakat seperti pembangunan jalan usaha tani sepanjang 13 KM dengan nilai swadaya sekitarRp.4 milyar, pemberian bea siswa kepada anak yang lulus di perguruan tinggi, memberikan riword kepada anak Hafis Al-Quran dan sebagainya.

Wali nagari Alfiar Dt. Nan Balimo Sundai melaporkan Nagari Pandai Sikek yang terletak dikaki gunung Singgalang ini juga mempunyai potensi untuk pertanian, usaha pertanian masyarakat tumbuh subur seperti sayur-sayuran, tanaman perkebunan seperti tebu yang menghasilkan Gula Saka 20 ton/bulan, tanaman jeruk madu sebanyak 10.000 batang dan telah menghasilkan.

 Kemudian masyarakat juga banyak yang berusaha tenunan yang dikenal dengan Tenun Pandai Sikek, ukiran rumah adat dan usaha kerajinan rumah tangga lainnya.  Semua itu dalam upaya untuk meningklatkan kesejahteraan masyarakat.  Nagari Pandai Sikek juga ramai dikunjungi wisatawan setiap hari untuk berbelanja sehingga nagari ini sangat berharap menjadi nagari terbaik di Sumbar, Ujar Wali Nagari Alfiar Dt. Nan Balimo Sundai.

Usai acara serimonial penyambutan dan acara ekspose setelam makan siang acara dilanjutkan untuk wawancara dengan lembaga yang terkait dan peninjauan lapangan, sesuaio dengan ekspose yang telah disampaikan wali nagari. (Humas).

Share on:

Komentar

Kirim Komentar

Nama Lengkap
Alamat/Kota
E-mail
URL Website/Blog
Komentar
 
Link SKPD

Search
Tautan
GPR Kominfo
Galeri Foto
Social Media
Instagram
Kontak Kami
Lambang Pemerintah Kabupaten Tanah Datar

Alamat: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Tanah Datar 27281
Sumatera Barat
Telpon: 0752 4415030
Fax: 0752 71500
E-mail: kominfo@tanahdatar.go.id